Return to site

Sales Itu Melayani Bukan Interogasi

Yang harus dilakukan oleh sales

· Tips Sales

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti pernah bertemu dengan seorang sales yang memaksakan produknya dengan menanyakan banyak hal. Memang, tujuannya itu baik untuk mengetahui kebutuhan pelanggan. Akan tetapi, cara penyampaian mereka itu salah dan cenderung seperti seorang polisi yang menginterogasi pelaku kejahatan.

Bertanya tanpa jedah, berbicara tanpa berhenti, merasa dirinya paling benar dan lain sebagainya. Ketika Anda berhadapan dengan sales seperti itu, tentu Anda akan risih dan yang terburuk mengusir orang tersebut. Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini bekerja sebagai seorang sales, perlu kami luruskan kembali, menjadi seorang sales itu adalah melayani.

Melayani saat pelanggan melakukan pembelian

Tidak semua pembelian bisa dilakukan sendiri oleh pelanggan, ada waktu dimana pelanggan akan meminta bantuan sales untuk melakukan pembelian untuknya. Ketika hal tersebut terjadi, maka sales harus mengerjakan tugas dari pelanggan tersebut. Berapa pun jumlah pembelian yang diminta, Anda harus tetap melayani mereka. Jangan karena bonus yang nanti akan Anda terima kecil, amanat pelanggan Anda lemparkan kepada orang lain di perusahaan. Pembelian yang seharusnya terjadi, justru pupus karena orang lain yang Anda amanatkan tidak mengerjakan permintaan pelanggan Anda.

Melayani saat pelanggan meminta waktu

Setelah Anda mengorbankan waktu Anda selama proses negosiasi atau saat pelanggan dalam status prospek, maka Anda juga harus siap meluangkan waktu Anda saat mereka sudah menjadi pelanggan. Sesibuk apapun Anda, sisihkan waktu untuk pelanggan, selama Anda masih berada di perusahaan dimana pelanggan melakukan pembelian kepada Anda.

Melayani saat pelanggan komplain

Mendapatkan komplain dari pelanggan tentu tidak menyenangkan. Tetapi, bukan berarti Anda menjauh saat pelanggan komplain terkait produk yang telah mereka beli kepada Anda. Selama mereka menggunakan produk Anda, itu artinya pelanggan adalah tanggung jawab Anda sebagai penghubung dengan perusahaan. Jika pelanggan melakukan komplain langsung kepada perusahaan tidak mendapatkan tanggapan, adalah tugas Anda untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Jika Anda hanya menerima uang mereka, tetapi tidak mau menerima keluhan, maka Anda kurang pantas untuk menjabat sebagai seorang sales.

Ilustrasi (c) Unsplash.com