Return to site

5 Dasar Kesuksesan Salesperson

Dasar-dasar yang membawa salesperson pada kesuksesan

· Tips Sales,Strategi Sales

Salesperson yang sukses memiliki kemampuan yang tidak terbatas. Namun, bukan berarti ia sangat hebat atau berasal dari mereka yang sudah bekerja belasan tahun. Perlu diketahui, kesuksesan salesperson ditentukan dengan tidak terbatasnya usaha salesperson itu sendiri untuk bisa menjual dan mendukung karir yang ia pilih saat ini. Artinya, ketika ia mengalami kesulitan, ia belajar kembali agar kesulitan tersebut dapat ia lewati dengan mudah di masa depan. Hal-hal baru semacam inilah yang menjadikan tim sales memiliki kemampuan yang tidak terbatas. Selain kerja keras, saleserson juga perlu memiliki keahlian yang memiliki pengaruh besar terhadap penjualan. Berikut adalah dasar-dasar yang harus dimiliki oleh salesperson agar dapat mencapai kesuksesan

1. Mudah dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan pelanggan/prospek

Komunikasi antara salesperson dengan prospek akan lebih sempurna apabila disertai dengan hubungan prospek baru. Menjaga hubungan bukan hanya dengan prospek yang memiliki potensi besar, tetapi juga terhadap prospek dengan potensi kecil sekalipun. Bahkan, salesperson juga harus bisa menjaga hubungan dengan prospek yang sudah melakukan penolakan untuk menciptakan peluang di masa depan.

2. Memberi perhatian pada prospek

Jangan menjadikan semua orang sebagai prospek potensial, saleserson harus bisa memilih prospek yang memiliki potensi dan yang tidak. Potensi disini bukan hanya tentang penjualan besar, tetapi juga potensi untuk mengikuti proses dengan baik serta pencapaian penjualan di akhir proses berapa pun nilai yang akan didapatkan. Potensi ini juga perlu diperhatikan untuk mencapai penjualan dengan prospek yang menolak.

3. Melatih diri untuk mendengarkan prospek

Seorang sales yang sukses adalah mereka yang mampu menjadi sosok pendengar yang baik bagi prospek-prospeknya. Mendengarkan akan menambah informasi untuk Anda, sehingga Anda dapat memastikan prospek Anda tersebut adalah prospek yang sesuai dengan produk yang Anda miliki. 

4. Manajemen waktu

Manajemen waktu merupakan hal sederhana tetapi tidak bisa dimiliki oleh setiap salesperson.Untuk itu, sebagai salesperson yang ingin sukses, maka Anda harus menjadi seorang salesperson yang dapat mengelola waktu dengan baik.

5. Tetap positif ketika ditolak prospek

Penolakan bukan akhir hubungan Anda dengan prospek. Anda yang menjadi sales akan terus menghadapi penolakan di waktu berbeda. Oleh karena itu, Anda harus selalu siap dan bersikap positif ketika mendapatkan penolakan tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK