Return to site

Data Menentukan Penjualan Yang Optimal

Data akan membantu Anda mencapai penjualan

· Strategi Sales,Tips Sales

Data merupakan pusat informasi yang memiliki peran penting untuk perusahaan guna mencapai hasil penjualan yang lebih maksimal. Data yang terimpan dalam bentuk digital, baik itu pada suatu software atau dalam bentuk file memberikan kemudahan bagi tim untuk mengelola data-data perusahaan. Ini tentu sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan pengelolaan data secara tradisional saat myoritas perusahaan menyimpan data pelanggan pada buku daftar pelanggan atau daftar penjualan.

Sayangnya, kehadiran teknologi dalam pengelolaan data ini masih belum bisa dilakukan secara maksimal oleh sebagian perusahaan. Contoh, perusahaan yang memutuskan untuk menggunakan spreadsheet untuk mengelola data, lebih memilih untuk tidak memperbarui teknologi yang merek gunakan dengan alasan teknologi yang digunakan saat ini masih cukup. Padahal, apabila perushaan berani melihat ke luar, ada banyak kompetitor yang sudah memperbarui sistem pengelolaan data untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya. Peran serta pimpinan/leader untuk membawa timnya menjadi lebih peduli terhadap data yang ia miliki, akan memberikan pengaruh besar terhadap performa tim khusunya untuk tim sales dan tim marketing.

Contoh, dengan menggunakan tools seperti CRM untuk menyimpan dan mengelola data, leader dapat

melihat informasi yang akurat dan cepat terkait performa dari tim sales maupun proses-proses yang tengah dijalankan oleh timnya. Sedangkan untuk tim sales maupun individu, tim marketing dan individu, dapat memantau, mengikuti, menyimpan semua proses dengan cepat guna menciptakan strategi yang baik demi mencapai performa kerja terbaiknya.

Data memiliki peran krusial untuk menentukan apa yang akan dicapai oleh perusahaan. Karena dari data inilah perusahaan dan seluruh tim menemukan wawasan bisnis yang lebih baik di masa yang akan

datang. Perbaiki kualitas data yang dimiliki, satukan data dalam satu sistem yang terpusat dan mudah

dilihat secara real-time dengan disertai demografi pelanggan. Sehingga perusahaan akan lebih memahami posisi bisnisnya saat ini dan bagaimana perusahaan dan tim harus bekerja dengan berbasis

pada akurasi data.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK