Return to site

5 Fokus Untuk Memperbaiki Strategi Penjualan

Ubah strategi Anda agar lebih siap menghadapi tantangan bisnis dan penjualan

· Tips Sales

Awal tahun menjadi waktu yang tepat untuk mengubah semua strategi penjualan yang “kurang memuaskan” sebelumnya. Sedangkan bagi Anda yang mencapai kesuksesan tahun lalu, tentu pada awal tahun menjadi waktu yang tepat untuk mengembangkan strategi agar tahun ini dapat menghasilkan penjualan yang lebih baik.

Sebagai pendukung strategi  Anda dalam meningkatkan penjualan dengan strategi yang lebih baik tahun ini, berikut adalah beberapa fokus yang dapat Anda jadikan bagian dari strategi tim sales Anda.

1. Meningkatkan penetrasi penjualan terhadap pasar yang sudah Anda miliki saat ini

Seperti yang kita ketahui, penjualan dari pasar yang sudah dimiliki oleh perusahaan mempercepat potensi untuk mencapai penjualan-penjualan baru maupun penjualan berulang. Oleh karena itu, tim sales harus bisa meningkatkan penetrasi penjualan melalui pasar yang sudah dimiliki sebagai bagian dari strategi dalam meningkatkan penjualan tahun ini. Artinya, tim sales harus mulai meningkatkan hubungan dengan pelanggan agar mereka bersedia melakukan pembelian ulang lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

2. Menambah produk baru dan mengurangi produk yang tidak sesuai harapan

Jika Anda memiliki beberapa produk di perusahaan Anda saat ini, Anda perlu memilih produk mana saja yang kurang diminati oleh pelanggan dan mulai menghapusnya secara perlahan. Gantikan produk tersebut dengan produk baru yang memiliki fitur serupa namun memberikan solusi yang lebih baik untuk pelanggan. Khusus untuk perusahaan yang menawarkan jasa/layanan, jika ingin menghapus produk yang kurang laku, pindahkanlah layanan/jasa pada produk Anda secara gratis agar pelanggan tidak dikecewakan.

3. Segmentasi pelanggan baru

Pelanggan dan pasar yang ada memang penting untuk perusahaan, tetapi perusahaan juga perlu mencari pelanggan-pelanggan baru agar ketika perusahaan kehilangan satu pelanggan lama masih ada pelanggan baru yang menggantikannya. Perbaiki strategi dengan mulai melakukan segmentasi pelanggan baru dengan memilih pasar dan prospek potensial lainnya.

4. Memberikan pelayanan baru

Tawarkanlah layanan-layanan baru untuk pelanggan-pelanggan dan prospek Anda agar mereka dapat memilih produk Anda dengan penuh percaya diri. Pelayanan baru ini dapat berupa layanan pelanggan maupun layanan produk.

5. Implementasi teknologi pendukung penjualan

Jangan terlalu puas dengan strategi penjualan tradisional yang saat ini diterapkan oleh perusahaan. Mulailah untuk memperkenalkan teknologi-teknologi pendukung penjualan seperti Marketing Automation, Sales Force Automation, Customer Relationship Management (CRM) dan lain sebagainya. Teknologi-teknologi pendukung penjualan ini akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kesuksesan penjualan Anda di masa depan dan juga membantu tim Anda untuk bekerja lebih efisien dan lebih produktif.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk memperbaiki penjualan Anda selama tahun 2019 ini? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini! Dapatkan pembaruan artikel-artikel kami dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly