Return to site

4 Tindakan Di Pagi Hari Yang Mendukung Produktivitas

Mengikuti langkah orang sukses dalam mengawali pagi hari sebelum bernagkat kerja

· Tips Sales

Apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja? Bagaimana cara Anda memulai pagi hari Anda saat bekerja untuk mendukung produktivitas Anda hari ini? Sebelum melanjutkan untuk membaca artikel kami ini, bagaimana kalau Anda menuliskan jawaban Anda pada komentar terlebih dahulu.

Jika Anda sudah menuliskan komentar, silakan lanjutkan kembali untuk membaca artikel ini hingga akhir.

Untuk jawaban yang tepat dari pertanyaan kami di atas adalah, untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja, hal pertama yang perlu dilakukan adalah perencanaan yang sudah Anda buat di pagi hari sejak melangkahkan kaki melewati pintu kantor. Karena, pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk berpikir dikarenakan suasana hati dan pikiran masih sangat fresh untuk membuat perencanaan yang baik. Orang-orang yang sukses adalah mereka yang berhasil membawa dirinya lebih produktif di pagi hari. Jadi, ketika Anda berpikir untuk bekerja lebih produktif termasuk dalam mencapai penjualan yang lebih baik, maka Anda harus memulainya dengan meningakatkan produktivitas Anda di pagi hari. Lalu, bagaimana cara Anda untuk memulai pagi hari agar Anda termasuk orang-orang yang produktif? Berikut adalah beberapa kegiatan yang harus Anda lakukan.

1. Mengurangi aktivitas malam hari dan membiasakan diri untuk bangun lebih awal

Aktivitas-aktivitas malam hari (di luar tugas kantor) adalah aktivitas yang akan menurunkan produktivitas Anda. Jika memang Anda memiliki kebiasaan untuk nongkrong, batasi waktu Anda maksimal pukul 21.00. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat berisitirahat dengan cukup untuk mempersiapkan diri menghadapi esok hari. Dengan istirahat yang lebih awal, tentu Anda juga dapat bangun lebih awal. Membiasakan diri bangun lebih awal akan menambah waktu Anda untuk membuat ide-ide yang berhubungan dengan pekerjaan sebelum berangkat. Atau, Anda dapat berangkat ke kantor lebih awal demi menghindari macet yang dapat menguras energi Anda sebelum bekerja.

2. Menyempatkan diri untuk berolahraga

Berolahraga di pagi hari dapat memberikan efek yang sangat luar biasa untuk tubuh dan pikiran Anda. Tubuh Anda akan lebih siap untuk menjalani aktivitas-aktivitas hari ini secara utuh. Ketika tubuh merasa lebih segar dengan olahrga, aktivitas Anda pun tentu akan berjalan lebih baik untuk menjaga energi Anda tetap baik.

3. Jurnal/buku catatan

Ide sering datang dan pergi dengan cepat, maka dari itu Anda harus memiliki kesiapan untuk mencatat semua ide-ide seketika ketika datang di pagi hari. Selalu menyiapkan buku catatan di sekitar Anda di pagi hari, baik di rumah maupun saat dalam perjalanan menuju kantor. Menyiapkan catatan/jurnal ini akan membantu mengamankan ide-ide yang datang pada Anda secara tidak disengaja.

4. Membuat daftar tugas

Sesampai di kantor, buatlah daftar tugas Anda hari ini. Periksa kalender Anda, susun jadwal Anda mulai dari membuka email, melakukan follow up dan jadwal meeting selama satu hari. Buatlah daftar lengkap dengan waktu yang Anda butuhkan. Contoh:

  • 08:15 – 09:15 Membuka email
  • 09:15 – 10:15 Follow up 4 prospek
  • 10:15 – 11:55 Meeting dengan prospek 1
  • Dan seterusnya

Dengan daftar tugas seperti ini, Anda dapat menjalankan tugas dengan lebih baik dan jauh lebih produktif dibandingkan dengan bekerja tanpa daftar. Jadi, siapkah Anda memperbaiki diri untuk bekerja secara maksimal dengan mengwali pagi hari yang lebih baik?

Ilustrasi (c) Unsplash.com