Return to site

5 Hal Yang Dapat Membantu Pencapaian Penjualan Lebih Cepat

Memudahkan penjualan dengan 5 ide berikut

· Tips Sales

Ingin mencapai hasil yang baik untuk penjualan? Mulailah dengan proses yang baik. Anda juga perlu menerapkan beberapa hal berikut ini yang sebagian bisa saja tidak berhubungan langsung dengan penjualan, tetapi akan memberi dorongan untuk bisa mencapai penjualan.

1. Harga tinggi yang Anda miliki untuk dipertahankan bukan untuk diturunkan

Harga yang ditawarkan oleh perusahaan terhadap suatu produk dan layanan mengindikasikan nilai dari produk/layanan tersebut. Jadi, ketika Anda merasa bahwa harga yang ditawarkan perusahaan terlalu tinggi, itu artinya Anda sendiri masih belum mengetahui nilai dari produk yang Anda tawarkan pada prospek. Karena masih ada rasa takut dalam diri Anda untuk bisa menjual dengan produk yang lebih mahal. Padahal, prospek Anda ini bisa membayar lebih tinggi lagi dari apa yang Anda tawarkan jika ia merasa nilai produk yang akan ia beli sesuai dengan kebutuhannya.

Ingat, Anda tidak mengalahkan siapapun jika mencapai penjualan dengan harga tinggi, Anda juga tidak merugikan pelanggan dengan harga tersebut. Karena, harga adalah bukti bahwa Anda memiliki produk dengan harga tinggi diimbangi nilai yang lebih tinggi pula. Jadi, jangan takut untuk mempertahankan harga saat prospek menawar dengan harga yang lebih rendah, karena pada saat pelanggan mengenal produk dan nilai produk/layanan yang Anda miliki, ia akan merasa bahwa produk/layanan Anda memang layak untuk dibayar dengan harga tinggi tersebut.

2. Menjuallah untuk mencari rekan bukan pembeli

Mudah bagi Anda mencapai penjualan jika hanya mencari pembeli. Tetapi, akan lebih sulit bagi Anda untuk mencapai penjualan untuk mencari rekan. Itulah sebabnya, Anda perlu mengembangkan hubungan baik dengan prospek dari awal, agar ketika terjadi penjualan pelanggan merasa senang karena menjadi rekan Anda. Anda pun demikian, akan mencapai penjualan yang berkelanjutan kerena menemukan rekan yang tepat untuk menjual produk.

3. Komitmen sederhana sebelum mencapai komitmen penjualan

Anda bisa memberi kesempatan kepada prospek untuk tidak melakukan pembelian saat itu juga. Tetapi, Anda perlu mendapatkan komitmen sederhana dari prospek seperti kapan akan melakukan meeting atau presentasi. Selanjutnya, Anda perlu membawa proses untuk mencapai komitmen penjualan dengan tanggal yang pasti.

4. Kontrol proses

Mengontrol proses dapat menjaga peluang untuk mencapai penjualan lebih besar dibandingkan dengan ketika Anda hanya berada di bawah kontrol prospek. Menjaga kontrol proses juga dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan kapan akan menutup proses ketika terjadi proses yang sulit untuk menentukan titik kesepakatan.

5. Berbaur dan mudah diajak berkonsultasi oleh prospek

Jangan menjadi salesperson yang hanya berpikir untuk menjual. Jadikan diri Anda sebagai teman yang tepat dan juga sebagai penasehat ahli bagi masalah prospek. Dengan membuka diri agar prospek mau berkonsultasi kepada Anda, peluang untuk bekerjasama dan membawa proses pada penjualan pun akan semakin terbuka. Simpan data-data hasil konsultasi prospek pada sistem CRM untuk memudahkan Anda dalam mencari informasi yang dibutuhkan terutama informasi masalah dan keluhan prospek selama proses pendekatan.

Itulah beberapa ide yang dapat kami berikan kepada Anda untuk memudahkan diri mencapai penjualan. Ada tips lain yang ingin Anda tambahkan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com