Return to site

3 Cara Agar Dapat Menciptakan Strategi Marketing Yang Maksimal

Trik marketing untuk mencapai ROI yang lebih cepat

· Tips Marketing

Kesalahan umum yang sering terjadi ketika memasarkan produk atau layanan adalah ketika tim marketing kurang memperhatikan strategi yang digunakan dalam pemasaran. Lumrahnya, kesalahan ini dapat berupa ketidakmampuan tim marketing dalam memaksimalkan data riwayat pemasaran sebelumnya serta kurangnya kerjasama dengan tim sales. Sehingga, metode pemasaran yang dipilih hanya berupa strategi kurang matang.

Sedangkan pemasaran menjadi bagian utama dalam bisnis agar tim sales dapat lebih mudah untuk menjual produk pada lead yang dihasilkan dari pemasaran. Jika strategi pemasaran yang digunakan sudah tidak relevan dengan target yang diharapkan oleh perusahaan, tentu prospek yang didapatkan pun akan semakin kecil yang berkualitas. Jika sudah demikian, pemasaran yang dilakukan pun menjadi pemasaran yang hanya membuang-buang budget marketing karena tidak mampu mencapai ROI dengan cepat. Untuk menghindari kegagalan yang sama terjadi pada Anda, berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan strategi pemasaran yang lebih baik agar dapat mencapai ROI dengan cepat.

1. Memilih channel yang tepat

Ada banyak channel yang dapat Anda pilih untuk dijadikan tempat pemasaran. Tetapi, Anda perlu menyaring channel tersebut dengan memfokuskan pada kesesuaian produk dan kebutuhan. Dengan melakukan penyaringan, Anda dapat menghemat budget pemasaran dan juga akan membantu menemukan lead yang berkualitas.

2. Memaksimalkan media yang Anda miliki untuk pemasaran

Untuk Anda yang ingin menemukan target pemasaran yang paling tepat, langkah utama yang perlu Anda maksimalkan adalah melalui media yang dimiliki. Contoh media yang dimiliki adalah sosial media perusahaan, jaringan tim marketing dan tim sales, customer service (CS) dan juga website. Dari berbagai media ini Anda sudah dapat mengumpulkan data demografi mayoritas member yang Anda miliki. Dari demografi inilah Anda memiliki kesempatan untuk menentukan konsep marketing, menentukan konten dan juga budget pemasaran. Selain itu, media sendiri juga akan lebih menghemat pengeluaran pemasaran yang Anda lakukan karena sudah berada dalam kekuasaan perusahaan dan tidak perlu membayar biaya tambahan kecuali ingin menjalankan paid post di sosial media.

3. Kolaborasi data tim sales dan tim marketing melalui CRM

Strategi pemasaran yang dapat menghasilkan ROI yang maksimal tidak terlepas dari kolaborasi data tim sales dan tim marketing. Jika tim marketing tidak memiliki data pelanggan yang sudah dimiliki, bagaimana cara tim marketing mengetahui target yang baik untuk perusahaan? Itulah mengapa Anda perlu menggunakan aplikasi CRM untuk mengkolaborasikan data penjualan dan data pemasaran selama ini. Dengan cara ini, tim marketing dapat dengan cepat memutuskan metode pemasaran seperti apa yang paling sesuai untuk digunakan dalam pemasaran agar tim sales dapat menjual dengan cepat.

Itulah beberapa tips untuk menciptakan strategi pemasaran yang lebih maksimal dan kompetitif dari kami. Semoga tips ini dapat membantu Anda memperbaiki strategi marketing untuk bisnis Anda di masa depan. Jika Anda masih belum memahami apa itu CRM dan bagiamana cara CRM membantu tim marketing dan tim sales dalam mengkolaborasikan data, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Tim kami akan memberikan penjelasan lebih menyeluruh untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly