Return to site

7 Strategi Sebelum Implementasi Aplikasi CRM

Implementasi CRM dengan benar dan sesuai fungsi yang dibutuhkan perusahaan

· Tips Sales

Aplikasi CRM di Indonesia masih dianggap sebagai aplikasi penjualan opsional yang dapat ditinggalkan. Padahal, di luar negeri, penggunaan CRM sudah dianggap sebagai suatu kebutuhan untuk meningkatkan bisnis. Alasan utama adalah solusi yang diberikan oleh aplikasi CRM untuk membantu menjaga hubungan jangka panjang dengan prospek dan pelanggan. Sebagian orang lagi mengira bahwa CRM tidak dapat diimplementasikan untuk semua bisnis. Sedangkan pada kenyataannya, CRM merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk semua bisnis seperti kesehatan, keuangan, manufaktur, ritel, e-Commerce dan lain sebagainya.

CRM membantu perusahaan menjalin hubungan dengan pelanggan dan memudahkan tim untuk mengambil keputusan berdasarkan data dengan mengatur dan memusatkan data pelanggan. Perusahaan yang sadar akan manfaat CRM ingin meningkatkan investasi mereka pada CRM sebagai bagian untuk menumbuhkan basis pelanggan yang dimiliki. Untuk Anda yang baru ingin mengimplementasi CRM, jangan sampai terkecoh karena mengikuti tren. Karena, implementasi yang tidak tepat hanya akan menjadi beban perusahaan. Artinya, CRM hanya menjadi pelengkap perusahaan yang tidak pernah digunakan sebagaimana mestinya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk dijadikan bagian dalam menjalankan strategi implementasi CRM untuk menjaga hubungan dengan pelanggan demi pertumbuhan perusahaan dengan cara yang lebih tepat.

1. Tujuan dalam implementasi CRM itu sendiri

Apa yang mendorong Anda untuk segera menggunakan aplikasi CRM? Apa yang ingin Anda capai dengan mengadopsi CRM? Seberapa tertarikkah Anda untuk mengadopsi teknologi ini? Apakah tim Anda siap untuk menggunakan dan menjalankan teknologi ini dengan hanya memfokuskan pada data berkualitas? Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan wajib yang perlu mendapatkan jawaban. Jika Anda ragu, tanyakan pada rekan-rekan Anda yang bukan dari kompetitor dan sudah menggunakan CRM. Anda juga dapat berkonsultasi pada penyedia provider yang bersedia menjadi tempat berkonsultasi.

2. Durasi implementasi

Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh penyedia CRM pilihan Anda untuk proses instalasi (pemasangan) CRM untuk perusahaan Anda? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu provider melakukan maintenance? Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh tim Anda untuk memahami fungsi CRM sepenuhnya? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda untuk lebih mengenal CRM yang digunakan dan proses untuk memperkenalkan CRM kepada tim Anda.

3. On-demand (cloud-based) atau On-premise

Ada dua macam CRM yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi. CRM versi pertama adalah CRM On-Premise atau yang lebih dikenal dengan CRM tradisional di mana data-data disimpan pada server yang dimiliki oleh perusahaan sendiri. CRM model kedua adalah CRM berbasis cloud (cloud based CRM), di mana CRM ini merupakan CRM yang disimpan pada sistem komputasi awan (cloud) dengan biaya implementasi yang lebih murah dan diimbangi dengan keamanan data ketika terjadi hal yang tidak diinginkan pada server. Konsultasikan pada penyedia CRM untuk menggunakan CRM yang tepat untuk bisnis Anda.

4. Biaya dan pengguna

Pastikan Anda memilih penyedia CRM yang tidak mengenakan biaya tersembunyi saat Anda menggunakan layanan ini. Contoh, tidak ada biaya tersembunyi yang dibuat-buat seperti biaya internet, biaya maintenance jika terjadi kerusakan dan lain sebagainya yang semuanya adalah tanggung jawab penyedia. Selain biaya untuk cloud, Anda juga perlu menanyakan biaya yang dikeluarkan adalah untuk per pengguna atau sudah masuk untuk semua pengguna dengan batasan tertentu.

5. API

API merupakan akronim dari Application Programming Interface yang berfungsi untuk membuat program berinteraksi dengan program lainnya untuk membuka fitur-fitur terbaiknya. Seperti, API dengan media sosial, API dengan eCommerce, API dengan web, API dengan database dan lain sebagainya.

6. Mendukung industri yang spesifik

CRM untuk bisnis keuangan berbeda dengan CRM untuk distributor, itu artinya Anda tidak bisa menganggap semua CRM sama dan bisa digunakan untuk semua bisnis tanpa memperhatikan spesifikasi dari bisnis itu sendiri. Jadi, tanyakan pada penyedia CRM yang menjadi pilihan Anda untuk memilih CRM yang paling tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Agar upaya Anda untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan serta untuk meningkatkan penjualan dapat terwujud.

7. Mudah dijangkau ketika terjadi masalah dan penyimpanan data di dalam negeri

Anda dapat memilih banyak penyedia CRM dari luar negeri. Mereka pun menawarkan kemudahan dalam pelayanan melalui sistem daring. Tetapi, apakah data-data tersebut disimpan di dalam negeri? Jawabannya adalah tidak, data-data tersebut akan disimpan di lokasi server penyedia yang tidak berada di Indonesia. Sedangkan pemerintah Indonesia merekomendasikan bisnis-bisnis di Indonesia untuk menyimpan datanya di dalam negeri untuk menjaga keamanan. Untuk itu, pilihlah penyedia CRM dari Indonesia untuk memudahkan Anda dalam melakukan konsultasi serta mendukung program pemerintah dalam menyimpan data di dalam negeri. Salah satu penyedia CRM asli Indonesia adalah Sales1CRM.

Itulah strategi-strategi untuk implementasi CRM yang dapat kami berikan kepada Anda. Ingin berkonsultasi secara langsung dengan kami? Kami selalu membuka pintu kepada Anda untuk menghubungi kami melalui telepon di (021) 3505114, atau melalui email di hi@sales1crm.com. Anda juga dapat mendatangi kantor kami di Jl. Tanah Abang V No. No.19, RT.5/RW.8, Petojo Selatan, Jakarta Pusat. Tim kami akan dengan senang hati untuk memberikan solusi CRM terbaik dan yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK