Return to site

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memasarkan Produk

Persiapan bisnis Anda setelah riset & menentukan target pasar

· Marketing

Setelah Anda melakukan riset untuk menargetkan pasar, tingkat persaingan dan semua hal yang berhubungan dengan bisnis, itu tandanya Anda sudah siap memasuki tahapan paling sulit yakni marketing dan penjualan. Meskipun Anda merasa semua sudah siap, itu bukan berarti proses Anda sudah selesai, tetapi sebaliknya, perjalanan bisnis Anda baru akan dimulai.

 

Diperlukan strategi marketing yang baik agar kampanye pemasaran yang dilakukan berjalan efektif. Sebelum Anda memikirkan lebih jauh tentang strategi marketing, Anda harus mempelajari hal-hal berikut ini:

 

1. Latih tim marketing Anda terlebih dahulu

Melatih tim marketing untuk branding tentu akan menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan tim marketing Anda untuk memahami semua proses marketing untuk produk Anda. Anda juga harus melatih tim Anda untuk memahami teknologi-teknologi yang akan Anda gunakan sebagai alat marketing. Hal ini dikarenakan tim Anda akan terus berhubungan dengan alat-alat yang akan Anda gunakan tersebut. pelatihan merupakan cara untuk efisiensi waktu di masa yang akan datang.

 

2. Menghapus akses kredensial yang menghambat kinerja tim marketing Anda

Ketika Anda menggunakan alat untuk marketing automation, tentu ada hal-hal khusus yang biasanya dibatasi sebagai alat keamanan. Untuk itu, Anda harus mencari alat marketing yang dapat menghapus akses kredensial untuk mendukung tim marketing Anda agar dapat bekerja dengan baik. Contohnya, Anda dapat menggunakan software yang dapat diakses oleh banyak orang tanpa khawatir dengan keamanan. Seperti platform CRM yang dapat digunakan oleh tim marketing dengan bebas tetapi tidak mengganggu keamanan Administrator akun.

 

3. Membuat kampanye internal

Sebelum Anda mengeluarkan biaya yang sangat besar, ada baiknya Anda memasarkan produk dengan memanfaatkan tim internal perusahaan terlebih dahulu. Seperti dengan kiriman di social media dari semua divisi perusahaan. Buatlah sebuah konten khusus agar dapat dibagikan oleh tim-tim dalam perusahaan Anda di media social. Seperti brosur digital maupun video marketing.

 

4. Membuat event dan press release

Apabila Anda memiliki dana yang cukup besar, Anda dapat membuat event seperti grand launching untuk memperkenalkan produk Anda. Pada kesempatan yang sama, Anda dapat menggunakannya sebagai tempat pengumuman untuk press release.

 

5. Menyiapkan brand ambassador

Anda dapat mencari brand ambassador untuk merek Anda agar lebih cepat dikenal oleh target pasar Anda. Pilihlah orang-orang yang memiliki pengaruh besar terhadap target market, agar marketing Anda berjalan lebih cepat. Kesalahan dalam memilih sosok brand ambassador tidak akan memberikan efek positif untuk bisnis Anda.

 

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemasaran yang dapat Anda lakukan. Ikuti terus blog kami untuk mendapatkan tips-tips terbaru tentang sales, marketing dan CRM. Caranya, cukup dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com