Return to site

6 Cara Sukses Marketing Pada Momen Liburan

Memaksimalkan penjualan saat liburan tiba

· Marketing

Momen liburan selalu menjadi momen yang paling tepat untuk meningkatkan penjualan terutama untuk retail maupun e-Commerce. Pada momen-momen ini, kebanyakan para penjual menerapkan sistem marketing yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan diskon besar-besaran, ada pula yang menawarkan produk khusus untuk menarik minat calon pelanggannya.

 

Perlu Anda ketahui, untuk ikut berpartisipasi dalam momen tersebut, jangan pernah Anda melakukan dengan cara sekedar ikut meramaikan. Tetapi, Anda harus menciptakan strategi yang efektif agar kampanye Anda tidak menjadi ajang buang-buang uang belaka.

 

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berpartisipasi pada kampanye saat momen liburan!

 

1. Kumpulkan data yang Anda miliki

Pastikan Anda telah melakukan analisa data pelanggan-pelanggan Anda dan produk apa saja yang paling diminati oleh pelanggan pada momen liburan kali ini. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan potensi penjualan yang lebih baik dibandingkan melakukan kampanye liburan tanpa melakukan analisa produk maupun minat pelanggan.

 

2. Memilih target audiens

Tidak semua orang akan menyukai kampanye yang Anda lakukan baik itu melalui social media maupun melalui email. Ketika Anda akan berpartisipasi pada momen tersebut, pilihlah audiens-audiens tertarget berdasarkan hasil analisa yang Anda miliki.

 

3. Merencanakan dan mengeksekusi ide yang Anda miliki

Data sudah Anda miliki, target pun sudah Anda miliki, sekarang yang perlu Anda lakukan adalah menggali ide yang pas untuk tema marketing Anda. Buatlah perencanaan ide yang matang dan bersiaplah untuk mengeksekusi ide marketing Anda.

 

4. Memilih tema dan buatlah kampanye yang menyenangkan

Dikarenakan momen yang menjadi target Anda adalah liburan, maka Anda harus membuat materi atau tema kampanye yang menyenangkan. Ini perlu dilakukan agar target-target Anda ikut merasakan kesenangan sebelum memilih produk yang Anda tawarkan.

 

5. Memaksimalkan strategi untuk email marketing

Seperti yang Anda ketahui, dalam marketing melalui email, terdapat waktu-waktu tertentu yang dianjurkan oleh marketer profesional untuk memaksimalkan potensi email marketing dibaca oleh audiens. Lakukan riset waktu-waktu terbaik untuk email marketing sebelum Anda menjalankannya.

 

6. Melihat hasil kampanye dan menyimpan data dengan baik

Setelah kampanye Anda selesai, lihatlah laporan hasil kampanye yang telah Anda laksanakan sebelumnya. Pastikan data-data tersebut Anda simpan dengan baik agar pada momen selanjutnya Anda dapat memasarkan produk lebih baik lagi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK