Return to site

5 Kunci Keberhasilan Dalam Komunikasi Penjualan

· Prospecting

Sebagian besar organisasi penjualan mengandalkan teknologi untuk meningkatkan hasil mereka, meskipun sebagian besar teknologi tidak cocok untuk pekerjaan tersebut. Sebaliknya, bermain peran dan melatih komunikasi dan hubungan penjualan selalu meningkatkan kemampuan staf sales untuk menciptakan nilai dalam percakapan, sekaligus meningkatkan kepercayaan diri dan kompetensi mereka. Untuk menambah praktik tersebut, berikut beberapa hal yang memengaruhi keefektifan sales dalam proses komunikasi penjualan yang perlu Anda kuasai.

1. Pengetahuan Anda

Tim sales merupakan tim yang memiliki peran khusus dengan masing-masing spesialis bertanggung jawab atas satu bagian transaksi. Namun komunikasi penjualan seharusnya memiliki penguasaan pengetahuan atas produk dan keinginan yang diharapkan oleh prospek. Tanpa semua itu, proses penjualan menjadi sulit untuk dicapai dan sales pun gagal memaksimalkan waktu untuk mencapai proses penjualan yang lebih baik.

2. Relevansi Anda

Setelah Anda mengetahui, relevansi percakapan Anda adalah variabel kunci berikutnya dalam efektivitas komunikasi penjualan. Relevansi adalah kemampuan Anda untuk membantu prospek Anda mencapai hasil yang mereka inginkan. Ada ratusan data atau lebih entri data yang dimiliki, namun tidak relevan dengan hasil yang diinginkan klien, termasuk prosedur penyediaan yang selalu populer (namun masih tidak efektif). Kemampuan Anda untuk memiliki proses yang relevan dengan komunikasi penjualan yang diharapkan oleh prospek akan membantu mereka menemukan apa yang mereka cari. Ini bukan hanya tentang berbicara tentang produk Anda, tetapi mencari solusi. Itulah relevansi yang sebenarnya yang harus Anda ketahui.

3. Pertanyaan Anda

Anda tidak perlu bertanya banyak atau berkali-kali kepada pelanggan maupun prospek. Yang perlu Anda ungkapkan adalah satu pertanyaan yang memiliki kualitas atau pertanyaan yang bagus yang dapat mengarahkan Anda pada jawaban prospek yang relevan dengan kebutuhannya. Akan percuma jika Anda bertanya banyak pertanyaan, namun tidak ada yang sesuai dengan kebutuhan prospek.

4. Keyakinan

Tidak ada yang akan mempercayai Anda jika Anda tidak mempercayai diri sendiri. Anda harus yakin tentang apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya. Salah satu faktor yang membuat seseorang menjadi penasihat tepercaya dan menjadi sales yang memiliki kemampuan konsultatif adalah kemampuan mereka untuk memberikan nasihat tentang apa yang perlu dilakukan prospek untuk meningkatkan hasil mereka.

5. Kepercayaan

Menjadi penasihat tepercaya membutuhkan dua hal: kepercayaan dan nasihat. Kedua kata itu meringkas seluruh komunikasi penjualan. Tidak ada yang akan membeli dari seseorang yang tidak mereka percayai, mereka juga tidak akan menerima nasihat dari orang yang "tidak tahu apa-apa".

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK