Return to site

Manajemen Tim Untuk Mendukung Efisiensi Proses Penjualan

· Manajemen Tim Sales

Mengelola dan mengatur salesperson sangatlah berbeda dengan mengelola tim dari departemen lain. Sales manager memiliki tanggung jawab untuk mentransisi semua tim baik yang sudah lama bekerja di perusahaan maupun yang baru bergabung dalam tim untuk bisa bekerja dengan motivasi dan budaya yang sama agar tercipta kualitas dan produktivitas yang maksimal untuk penjualan. Memang, semua sales leader akan menjalankan atau merumuskan banyak strategi supaya memiliki tim yang dapat bekerja dengan baik. Namun, salespeople memiliki perbedaan cara berpikir dan kebiasaan yang menjadikan tim bekerja tidak sesuai dengan strategi tersebut. Guna menghindari kejadian tersebut, Anda sebagai sales leader perlu menerapkan beberapa tips berikut ini untuk mengelola tim sales dengan baik.

1. Fokus pada pelatihan tim

Sales merupakan divisi perusahaan yang selalu mengalami perubahan secara berkala dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, tim sales harus bisa mengimbangi perubahan tersebut dengan selalu mempelajari hal baru dalam penjualan seperti strategi penjualan maupun teknik-teknik di dalamnya. Bahkan, orang yang berpengalaman dalam penjualan atau menjadi sales dalam waktu yang lama pun harus tetap mempelajari hal-hal baru. Dengan demikian, ia akan dapat mencari solusi dalam penjualan dengan berbagai situasi dan kondisi pasar.

2. Menjadwalkan meeting individual

Setiap anggota tim yang ada di bawah kepemimpinan Anda memiliki masalah yang berbeda-beda. Menjadwalkan meeting dengan bertatap muka secara berkala dengan tim dapat memudahkan mereka untuk berbagi dengan Anda. Kesempatan ini akan memberikan waktu kepada mereka untuk menemukan solusi yang baik atas masalahnya selama bekerja.

3. Menggunakan sistem manajemen penjualan

Sistem manajemen penjualan bukan semata-mata untuk meningkatkan penjualan semata. Dengan sistem ini, tim Anda dapat bekerja lebih efisien dan menghemat lebih banyak waktu untuk mencapai penjualan. Potensi untuk meningkatkan retensi penjualan dan peningkatan kualitas komunikasi pun akan semakin baik dengan bantuan sistem ini. Salah satu sistem manajemen penjualan yang dapat digunakan untuk menunjang hal ini adalah Customer Relationship Management (CRM).

4. Memiliki perencanaan yang baik

Kunci keberhasilan dalam penjualan dan management tim adalah dengan perencanaan. Dengan mempersiapkan perencanaan dan strategi yang baik, perjalanan untuk mengelola tim Anda pun akan berjalan dengan lancar. Perencanaan ini bukan hanya tentang target yang besar saja. Anda juga perlu merencanakan hal-hal kecil dalam pengembangan tim maupun penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK