Return to site

5 Strategi Sebelum Launching Produk Baru

Menciptakan strategi sebelum mengeluarkan produk baru

Ide untuk menciptakan produk baru bisa saja hadir setiap saat. Tetapi, untuk mulai mengeluarkan produk Anda tidak boleh terkesan buru-buru. Anda harus memiliki perencanaan matang sebelum mulai menawarkan produk yang sudah Anda miliki tersebut. Setelah memiliki perencanaan, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana produk tersebut dapat diterima di pasar dengan baik. Mungkin ini terdengar sederhana, tetapi tanpa strategi yang baik, marketing Anda tidak akan berjalan dengan baik.

 

Jika Anda benar-benar siap untuk meluncurkan produk baru, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mulai memasarkan produk baru tersebut.

 

1. Mulailah dengan melakukan riset tingkat kompetisi

Menjadikan persaingan sebagai masalah serius merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan strategi yang efektif. Mulailah melakukan riset dengan mencari produk serupa dengan produk Anda. Langkah ini merupakan langkah yang sangat penting untuk membuat perencanaan setelah produk Anda benar-benar diluncurkan. Anda juga dapat mencari tahu bagaimana cara mereka melakukan marketing, melakukan review material marketing yang mereka gunakan seperti social media, website, brosur maupun iklan-iklan lainnya.

 

2. Menargetkan pelanggan yang ideal

Jika Anda ingin launching produk sukses, Anda harus memiliki pelanggan ideal. Mulailah mencari pelanggan tersebut dan berilah kesempatan kepada mereka untuk mencoba produk Anda. Pastikan Anda memiliki target pelanggan yang paling potensial dan yang paling ideal. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan penjualan Anda terus berjalan baik kedepannya.

 

3. Ciptakan nilai keunikan dari produk Anda

Pada langkah ini Anda harus mulai menciptakan nilai khusus dari produk yang Anda tawarkan. Karena setiap produk yang sama yang tidak memiliki nilai keunikan tidak akan pernah bisa menarik pelanggan baru. Sebagai contoh, sama-sama air mineral jika tidak ada sesuatu yang khusus, tentu pelanggan dari produk lama tidak akan menggunakan produk Anda. Untuk itu, banyak iklan air minum yang menawarkan keunikannya sendiri. Ada yang mengatakan dari mata air pegunungan asli, memiliki nilai oksigen lebih baik dan lain sebagainya.

 

Begitu juga ketika produk baru yang akan Anda launching, berikanlah nilai keunikan yang mencerminkan bahwa produk Anda benar-benar tidak sama dengan produk lama yang sudah beredar.

 

4. Perjelas strategi dan taktik marketing Anda

Tentukan sales dan marketing channel yang Anda miliki. Apakah Anda akan fokus pada marketing online atau melakukan marketing offline. Tanpa strategi yang baik, Anda tidak akan bisa fokus dalam memasarkan produk baru Anda.

 

5. Mencoba melakukan konsep uji coba dalam marketing

Untuk memperkenalkan produk baru, Anda juga dapat melakukan konsep marketing bundling dengan produk yang relevan. Cara ini sering menjadi konsep marketing yang sukses karena tak sedikit dari pelanggan merasa bahwa produk yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah yang paling sesuai untuk mereka.

 

Itulah cara marketing untuk launching produk baru yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Apakah Anda memiliki tips lain? Tinggalkan komentar Anda dibawah ini untuk berbagi tips dengan pembaca lainnya. Anda juga dapat mendaftarkan email untuk berlangganan artikel terbaik dari kami.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK