Return to site

Elemen Dasar Dalam Social Media Marketing

Strategi marketing social media

Memanfaatkan social media sebagai tempat penjualan seperti sebuah keharusan untuk meningkatkan penjualan saat ini. Perlu strategi yang baik pula untuk bisa menghadapi persaingan pasar social media. Berikut adalah strategi untuk mulai memasarkan produk melalui social media untuk membantu Anda lebih sukses dan menjaga hubungan dengan pelanggan

1. Identifikasi goal bisnis Anda

Anda tidak akan bisa bekerja dengan baik jika Anda tidak memiliki task yang jelas. Begitu pula dengan marketing Anda, tanpa tujuan bisnis yang jelas Anda tidak akan mampu memikirkan strategi marketing yang baik dan tertarget.

2. Menentukan objek marketing

Buatlah parameter yang lebih spesifik untuk mewujudkan target penjualan yang lebih jelas dan apa yang ingin anda capai dengan goal tersebut. Sebagai contoh goal utama Anda adalah untuk meningkatkan prospek maka Anda harus menentukan seberapa banyak prospek potensial yang ingin Anda dapatkan.

3. Identifikasi pelanggan yang ideal

Jika bisnis Anda tidak berkembang dengan baik, itu artinya Anda tidak memiliki member social media yang tertarget. Mulailah mengidentifikasi pelanggan Anda dengan baik. Pilihlah target marketing yang tepat untuk bisa memaksimalkan penjualan dari hasil marketing Anda di social media.

4. Riset kompetisi

Coba perhatikan bagaimana kompetitor Anda memasarkan produknya melalui social media. Bandingkan antara kompetitor satu dengan yang lainnya. Anda dapat melakukan riset sederhana dengan memilih 5 – 7 kompetitor yang Anda pikir merupakan kompetitor terberat untuk bisnis Anda.

5. Menentukan channel dan taktik

Pilihlah channel yang paling tepat menurut Anda sebagai tempat memasarkan produk yang Anda miliki. Setelah Anda memilih tempat yang paling tepat, lanjutkan dengan mengatur strategi marketing Anda. Contohnya, jika produk Anda adalah kamera digital, Anda dapat fokus untuk iklan produk di Instagram dan Youtube. Mengapa? Karena dua tempat ini membutuhkan kamera untuk meningkatkan kualitas konten foto maupun video prospek Anda.

6. Mengalokasikan budget

Untuk langkah yang terakhir ini sudah cukup jelas untuk Anda. Tetapi, yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana memaksimalkan budget yang Anda anggarkan untuk iklan agar mampu menciptakan penjualan yang lebih baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com