Return to site

Intel Umumkan Prosesor 18-Core Rilis September

Prosesor terbaik untuk content creator dan gamer

Jika Anda mengikuti perkembangan berita teknologi sebelumnya, tentu Anda akan ingat ketika Intel mengumumkan peluncuran prosesor terbarunya Intel Core i9 dalam ajang Computex 2017 yang berlangsung di Taiwan beberapa bulan lalu. Selain memutuskan untuk menciptakan prosesor penerus dari i7 ini, Intel meluncurkan proses dengan beberapa macam varian mulai dari 4 inti (core) hingga yang paling menyita perhatian yakni 18 core.

Menurut keterangan dari pihak Intel sendiri, prosesor i9 18 core ini memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas hingga 36 tugas dalam sekali jalan. Semakin tingginya minat gamer dengan komputer berperforma tinggi, semakin banyaknya content creator video yang bertebaran menjadi alasan utama mengapa Intel meluncurkan prosesor dengan spek tinggi tersebut.

“Content creator dapat meningkatkan kinerjanya 20% lebih baik untuk pembuatan konten-konten VR maupun untuk melakukan pengeditan video resolusi 4K. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, prosesor ini mengalami peningkatan 30% lebih cepat. Ini berarti akan lebih sedikit waktu yang diperlukan untuk render dan lebih banyak waktu pula untuk merancang dunia dan pengalaman baru. Sedangkan bagi gamer dan penggemarnya akan dihadapkan dengan mega-tasking yang lebih ekstrim dengan peningkatan sebesar 30% dari versi sebelumnya” tulis pihak Intel dalam keterangan resminya yang dirilis pada Senin (7/8/2017).

Sayangnya, meski sudah mengeluarkan pengumuman sejak lama, prosesor i9 versi 18 inti ini masih belum dapat dipesan hingga beberapa minggu kedepan. Tetapi, jika Anda ingin menikmati varian yang lebih kecil seperti yang versi 4 core dan 10 core sudah dapat Anda pesan sekarang juga.

Sedangkan untuk versi-versi lainnya akan disusul oleh intel i9 12 Core X-Series yang dapat Anda beli mulai tanggal 28 Agustus 2017 mendatang. Sedangkan untuk versi 14 core dan 18 core dapat Anda miliki mulai tanggal 25 September 2017 mendatang. Untuk harganya sendiri, i9-7980 XE (18 Core) dibanderol seharga USD 1.999.

Selain untuk para content creator, hadirnya prosesor ini tentu akan sangat memudahkan para pelaku bisnis yang membutuhkan kecepatan dalam pekerjaannya. Sehingga semua elemen yang terdapat dalam perusahaan dapat bekerja lebih efisien. 

Bagaimana, Sudah siapkah Anda menyambut prosesor ini?

Ilustrasi (c) Flickr.com William Hook