Return to site

5 Tahap Membangun Jaringan Bisnis

Ini strategi untuk mengembangkan jaringan bisnis Anda

· Tips Sales,Tips Marketing

Membangun jaringan bisnis yang kuat membutuhkan tahapan-tahapan yang harus bisa Anda jalani dan ikuti prosesnya. Tidak ada kata instan dalam proses membangun jaringan bisnis, terutama untuk mereka para salesperson yang masih baru. Biasanya, salesperson baru ingin semuanya dilakukan serba instan dengan berdalih teknologi saat ini sudah membantu sales dalam mencapai semua strategi yang berkaitan dengan penjualan. Sayangnya, hal tersebut tidaklah benar, teknologi memang membantu salesperson untuk segala hal, namun di dalamnya masih diperlukan proses untuk menciptakan jaringan bisnis yang sukses.

 

Pada artikel ini, kami ingin memberikan sedikit tips bagi salesperson yang ingin membangun jaringan bisnis agar mempermudah melakukan penjualan. Ikuti tahap/prosesnya dengan benar dan jangan pernah berharap semua bisa dilakukan dengan cara instan.

 

1. Perkenalan atau memperkenalkan diri

Untuk menjalin hubungan dengan siapa pun, Anda harus mengetahui siapa target Anda. Prospek/target juga harus mengetahui siapa Anda. Oleh karena itu, perkenalkan diri Anda kepada orang-orang yang Anda temui, bahkan ketika Anda masuk pada suatu jaringan bisnis seperti forum atau jaringan-jaringan lainnya. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk memperkenalkan diri Anda, karena orang-orang dalam jaringan Anda tersebut belum tentu memperkenalkan Anda kepada relasinya. Lakukan tahap ini dengan usaha Anda sendiri dan biarkan orang lain yang akan mulai melihat Anda.

 

2. Bergabung dalam perbincangan santai atau dalam perbincangan bisnis

Bergabung dengan orang-orang yang sedang berbincang merupakan tahap selanjutnya yang dapat Anda lakukan. Jika ada orang dalam jaringan Anda yang mengajak berbincang, segera bergabung dengan mereka. Ini merupakan kesempatan baik untuk mulai mendekatkan diri Anda kepada mereka. Sehingga, akan lebih banyak orang yang mengingat dan mengenal Anda pada jaringan tersebut serta lebih mudah untuk memiliki hubungan yang lebih baik.

 

3. Kepercayaan

Tahap penting selanjutnya dalam membangun jaringan bisnis adalah kepercayaan. Bagaimana cara Anda membangun kepercayaan harus dilakukan dengan cara yang benar. Kepercayaan akan timbul jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dan memang ahli untuk masalah-masalah yang berkaitan dengan produk yang Anda miliki. Pada titik ini lah Anda memiliki kesempatan untuk dihubungi oleh orang yang membutuhkan solusi Anda yang berasal dari jaringan.

 

4. Memberikan waktu

Memberikan waktu untuk orang lain menjangkau Anda diluar aktivitas yang berhubungan dengan jaringan adalah cara yang baik untuk meningkatkan hubungan. Mereka yang menghubungi Anda dapat menjadi prospek potensial untuk bisnis. Sekalipun mereka belum menggunakan produk Anda, tetap berikan bantuan dan jangan pernah menyinggung apa pun tentang kompetitor yang saat ini menjadi tempat mereka melakukan transaksi bisnis. Cukup ikhlaskan untuk membantu, biarkan orang tersebut memilih dan mengambil keputusan menggunakan produk Anda di kesempatan yang lain. Karena orang yang sudah dibantu tidak akan mudah melupakan bantuan, terlebih lagi dalam hal bisnis dan pencarian solusi atas masalah yang dihadapi.

 

5. Memusatkan data kontak orang-orang yang berada dalam jaringan Anda

Tahap terakhir untuk membangun jaringan bisnis yang kuat adalah dengan memusatkan data kontak dari jaringan bisnis yang Anda miliki. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana sikap mereka setelah mendapatkan bantuan Anda. Apakah mereka mampu menjadi lead yang berkualitas atau masih berada dalam masa-masa lain yang sama sekali tidak memiliki minat terhadap produk/layanan yang Anda miliki.

 

Bagaimana cara memusatkan data kontak dalam jaringan Anda?

Memusatkan data saat ini tidaklah sulit seperti puluhan tahun yang lalu. Pada era digital seperti saat ini, Anda dapat menggunakan teknologi aplikasi CRM yang sudah mengalami perkembangan sangat pesat. Dengan CRM, Anda dapat dengan mudah mengikuti riwayat-riwayat komunikasi dengan orang dalam jaringan serta dapat mengetahui masalah yang dihadapi. Sehingga Anda dapat memberikan solusi yang tepat berdasarkan kebutuhannya.

 

Itulah tahap dalam mengembangkan atau membangun jaringan bisnis yang kuat dari kami. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memperbaiki kualitas jaringan bisnis yang saat ini sedang Anda kembangkan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada kami apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang aplikasi CRM atau aplikasi Sales Force Automation melalui email hi@sales1crm.com. Tim kami dengan senang hati akan membantu Anda memberikan penjelsan yang lebih terperinci.

Ilustrasi (c) Unsplash.com