Return to site

Strategi Sales Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Pentingnya strategi penjualan yang baik untuk bisnis

· Strategi Sales

Tidak peduli apakah Anda merupakan pemilik bisnis baru atau lama, tanpa strategi sales (penjualan) yang baik semua menjadi pekerjaan yang hanya membuang waktu. Mengapa kami sebut sebagai pekerjaan membuang waktu? Apa yang Anda kerjakan tidak memiliki langkah tepat untuk mencapai target. Sedangkan dalam bisnis, target merupakan kebutuhan yang harus ada dalam setiap bisnis.

 

Bukan hanya pelaku bisnis, sales yang merupakan tim yang bertanggung jawab pada pertumbuhan perusahaan juga memiliki kewajiban yang sama. Ia harus memiliki target yang harus dicapai agar perusahaan dapat terus bersaing menghadapi kompetitor. Apabila sales tidak memiliki target penjualan yang jelas, bagaimana ia akan membawa perusahaan mencapai pertumbuhan?

 

Itulah mengapa peran dari strategi penjualan menjadi pokok utama yang harus dipecahkan terlebih dahulu. Karena, keberhasilan sebuah bisnis maupun salesperson untuk mencapai target penjualan sesuai harapan adalah berawal dukungan strategi yang baik. Selain itu, salesperson harus mengikuti semua proses dalam strategi tersebut dengan benar agar tidak membawa dirinya mengerjakan pekerjaan yang sia-sia.

 

Apa saja strategi yang perlu Anda susun untuk mencapai pertumbuhan bisnis/menghasilkan penjualan bagi pelaku bisnis dan salesperson? Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan.

 

1. Memastikan keunggulan kompetitif

Produk boleh Anda buat serupa, tapi yang terpenting bukanlah dari produk tersebut, melainkan bagaimana Anda dapat memoles produk yang memiliki keunggulan dalam persaingan. Jika Anda merupakan pelaku bisnis, pastikan Anda memberikan produk dengan satu hal penting yang tidak dimiliki produk kompetitor. Sedangkan bagi salesperson, Anda perlu memastikan bahwa Anda berhasil membawa produk perusahaan dengan memastikan solusi yang dimiliki oleh perusahaan dan produk Anda menguntungkan bagi prospek.

 

2. Menciptakan resonansi pelanggan

Dalam arti sebenarnya, resonansi merupakan sebuah peristiwa bergetarnya suatu benda yang disebabkan oleh benda lain dan memiliki frekuensi yang sama. Sedangkan dalam dunia sales tidak begitu berbeda, resonansi pelanggan adalah suatu peristiwa dimana seorang pelanggan merasakan kepuasan yang sama dengan apa yang dirasakan oleh pelanggan lainnya. Secara sederhana dapat disebutkan bahwa Anda memberikan pelayanan yang sama untuk semua pelanggan baik itu yang melakukan pembelian besar maupun kecil.

 

Dengan strategi ini perusahaan akan diuntungkan dengan semakin meningkatkan penjualan yang berasal dari pelanggan. Bahkan tidak ada keraguan bagi mereka untuk merekomendasikan perusahaan Anda kepada orang-orang terdekatnya.

 

3. Menumbuhkan keuntungan pelanggan

Bagi sebagian dari Anda kemungkinan ada yang berpikir aneh, mengapa harus membuat strategi yang menumbuhkan keuntungan pelanggan. Padahal tidak ada yang aneh dan tidak ada yang salah dengan strategi ini, ketika Anda berhasil menumbuhkan keuntungan pelanggan, secara tidak langsung akan berimbas pada semakin meningkatnya pembelian kepada Anda. Yang artinya, semakin cepat pula bagi mereka untuk melakukan pembelian kepada Anda.

Ilustrasi (c) Pxhere.com