Return to site

Hal Pokok Dalam Perencanaan Marketing

Perhatikan ini sebelum menerapkan perencanaan strategi marketing

· Tips Marketing

Perencanaan marketing tidak boleh Anda buat tanpa berpikir panjang atau tanpa adanya data yang mendukung. Karena, ini berkaitan dengan kesuksesan dalam penjualan untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan Anda. Apabila perusahaan hanya berpikir pendek tentang pemasaran tetapi tidak pernah mengukur tingkat keberhasilan yang akan dicapai, pemasaran tersebut hanya akan menjadi pemasaran tak terarah. Kesuksesan pemasaran pun menjadi hal yang lebih sulit untuk dicapai.

 

Untuk itu, sebelum Anda mulai merencanakan pemasaran, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal pokok dalam perencanaan marketing berikut ini.

 

1. Tujuan yang jelas dan realistis

Seperti yang kami sebutkan di awal artikel, merencanakan pemasaran perlu memperhatikan tujuan. Tujuan disini dapat berupa target penjualan yang akan dicapai, target audiens dan berapa biaya yang akan Anda gunakan untuk budget marketing ini. Buatlah semua tujuan ini dengan jelas dan kemudian Anda dapat memikirkan target yang realistis sesuai dengan kemampuan tim Anda.

 

2. Memperhatikan kompetitor

Strategi perencanaan marketing yang baik dapat Anda dapatkan dengan memperhatikan kompetitor Anda. Karena dengan memperhatikan kompetitor ini Anda dapat membuat konten dan proses dengan tepat. Anda bisa saja ikut bersaing dengan kompetitor untuk memasarkan produk yang serupa. Tetapi, Anda harus mencari celah dari kompetitor agar apa yang Anda tawarkan menjadi solusi bernilai lebih untuk audiens.

 

3. Melakukan analisis data hasil marketing sebelumnya

Maksimalkan perencanaan Anda dengan melakukan analisa data dari strategi-strategi marketing yang pernah Anda jalankan serta melihat hasil yang telah dicapai. Dengan demikian Anda dapat memaksimalkan strategi marketing dengan menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang terdapat pada marketing sebelumnya.

 

4. Rincian tentang taktik dan tindakan yang harus Anda ambil

Ketika Anda sudah memiliki draft perencanaan marketing, coba perhatikan rincian dari draft tersebut. Setelah Anda yakin akan menggunakan perencanaan tersebut, pastikan Anda dapat mengambil tindakan yang tepat agar perencanaan yang sudah Anda siapkan ini dapat diimplementasikan dengan baik saat mulai diterapkan.

 

Itulah beberapa hal pokok yang harus Anda perhatikan untuk menciptakan perencanaan marketing dari kami. Bagaimana menurut Anda? Apakah ada hal lain yang ingin ditambahkan? Jangan sungkan untuk menambahkan ide Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com