Return to site

5 Tanda Anda Akan Menjadi Sales Leader Yang Gagal!

· CRM Di Indonesia,Tips Sales

Ketika Anda diangkat menjadi seorang sales manajer, itu bisa karena background pendidikan Anda yang baik, ada pula yang memang memiliki kemampuan akan sifat memimpin dan ada pula yang terjadi karena Anda loyal pada perusahaan dan menunjukkan kemajuan dalam kemampuan penjualan. Semua itu terjadi karena semua usaha yang sudah Anda lakukan sebelumnya atau selama menjalani karir sales. Ketika Anda sudah menjadi seorang leader, tentu posisi Anda sudah tidak sama lagi dengan salesperson yang menjadi tim Anda. Anda harus fokus pada kemampuan memimpin dan membawa tim sales agar dapat sukses dalam menjual. Kami akan memberikan beberapa hal yang dapat menjadikan Anda sebagai sales leader yang gagal.

1. Merasa kehilangan kebebasan

Ketika menjadi sales leader tentunya Anda perlu mengatur, mengelola semua tugas tim sales termasuk dalam menyusun jadwal. Ini akan menjadi pekerjaan atau rutinitas yang memang sudah menjadi tanggung jawab dan dapat mengurangi waktu leader. Ketika merasa kekurangan waktu dan kebebasan sudah ada di dalam pikiran Anda, maka ini dapat menjadi tanda-tanda bahwa Anda akan menjadi sales leader yang gagal.

2. Ketidakmampuan dalam membimbing tim

Sales leader wajib menjadi pembimbing bagi semua tim yang dimiliki tanpa harus memilih siapa yang sukses menjual dan siapa yang tidak. Semua tim harus mendapat perhatian dan bimbingan terhadap sales representatif. Tujuan utama dari hal ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tim dalam menjual serta untuk memaksimalkan penjualan.

3. Suka menyalahkan tim sales ketika gagal

Memotivasi tim adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar tim Anda dapat menjadi tim yang berkualitas dan solid. Jangan hanya  menganggap semua kegagalan dalam penjualan ini adalah salah tim, karena ini hanya akan menurunkan motivasi mereka dalam bekerja. Bahkan, Anda tidak akan pernah memiliki tim yang solid jika hanya selalu menyalahkan kegagalan perusahaan semua disebabkan oleh tim sales.

4. Ekspektasi yang berlebihan

Anda boleh bermimpi tinggi, tetapi jangan terlalu tinggi bahwa diluar ekspektasi yang bisa Anda dapatkan. Jika tim Anda hanya mampu menjual sebanyak 100 penjualan sebulan, maka jangan berekspektasi tim Anda dapat menjualan 3000 dalam sebulan. Karena, ini merupakan cara yang salah dalam menargetkan penjualan. Cukup pastikan bahwa Anda memberkan target yang masuk akal dan dapat dicapai oleh tim sales.

5. Meminta tim untuk fokus pada penjualan daripada menjalin hubungan dengan pelanggan

Tanpa diminta, tim Anda akan berkerja untuk meningkatkan penjualan. Tetapi, tidak semua salesperson memikirkan sisi lain dalam penjualan yaitu untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Jika Anda menjadi leader yang mengejar penjualan dan tidak mengejar hubungan dan loyalitas pelanggan, maka Anda dapat menjadi sales leader yang gagal karena penjualan perusahaan bergantung pada penjualan baru dari pelanggan baru daripada retensi pelanggan lama yang dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah untuk mencapai penjualan.

Add paragraph text here.