Return to site

5 Tips Untuk Presentasi Bisnis Yang Efektif

Persiapkan diri Anda untuk presentasi

· Tips Presentasi,Tips Sales

Ketika proses pendekatan yang Anda lakukan dengan prospek semakin menunjukkan hasil positif. Proses selanjutnya adalah bagaimana Anda memberikan informasi lebih jauh tentang produk/layanan yang Anda miliki melalui presentasi. Dengan presentasi yang efektif, Anda dapat semakin mendekatkan diri Anda untuk menjadi orang yang dipercaya prospek.

 

Ada yang beranggapan presentasi merupakan gerbang untuk menarik simpati prospek. Peluang terbesar dalam penjualan pun dipertaruhkan dari hasil presentasi yang Anda berikan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda bagaimana mempersiapkan dan menyampaikan presentasi tersebut. Berikut kami berikan tips untuk presentasi bisnis yang efektif agar peluang penjualan Anda lebih besar.

 

1. Kenali audiens Anda

Setiap prospek memiliki perbedaan dan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui setidaknya sedikit informasi tentang prospek Anda untuk memikirkan ide bagaimana Anda mempresentasikan produk/layanan untuk mendekatkan dengan kesepakatan penjualan.

 

Anda dapat memanfaatkan social media untuk mencari tahu lebih lanjut tentang kepribadian klien Anda. Jika Anda tidak yakin dengan hasil yang Anda dapatkan, Anda dapat berkonsultasi dengan orang-orang lain di jaringan Anda atau dengan orang-orang disekitar perusahaan Anda yang pernah memiliki pengalaman serupa dengan yang akan Anda hadapi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan wawasan lebih luas dan bermanfaat yang dapat menjadi nilai tambah dari presentasi Anda.

 

2. Buatlah sederhana

Presentasi yang ideal adalah presentasi yang mampu menyampaikan maksud secara ringkas dan sederhana serta mampu menarik perhatian audiens dari awal sampai akhir. Jika Anda ingin menggunakan presentasi slide, cobalah untuk memaksimalkan gambar dan meminimalisir teks. Mengapa demikian? Gambar sebagai alat untuk menjadi petunjuk audiens sedangkan teks yang minim, Anda maksimalkan dengan presentasi vocal dari Anda. Jangan terlalu banyak grafik rumit atau terlalu banyak teks yang tidak dapat dibaca dengan jelas sehingga sulit bagi audiens untuk mengartikannya.

 

3. Tunjukkan kepercayaan diri Anda

Selain dari bahan presentasi yang berkualitas, Anda juga harus memperhatikan kualitas kepercayaan diri Anda maupun produk yang Anda miliki. Buatlah interaksi dengan audiens Anda untuk memaksimalkan presentasi. Sedangkan kepercayaan diri tentang produk yang kami maksud disini adalah bagaimana Anda dapat meyakinkan kepada audiens bahwa produk tersebut merupakan produk yang tepat untuk mereka.

 

4. Memiliki persiapan ketika terjadi hal yang tidak diharapkan

Setiap presentasi bisa saja memiliki kendala seperti data yang kurang akurat atau slide yang salah tempat. Ketika Anda mengalami kondisi tersebut, jangan panik. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi kondisi tersebut dengan baik sebelum berangkat. Khusus kesalahan slide, ada baiknya Anda harus benar-benar memperhatikan slide sehari sebelum presentasi. Karena, kesalahan slide seperti ini dapat menjadi kesalahan paling fatal dalam presentasi Anda.

Ilustrasi (c) Flickr.com Stephendann