Return to site

6 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Sistem CRM

· CRM Indonesia,CRM,CRM Software

Sistem CRM terbaik memungkinkan Anda untuk melacak tugas-tugas yang tertunda, mengingat panggilan dan tindak lanjut yang harus dilakukan, menjadwalkan janji meeting, membuat penawaran, memperkirakan penjualan, mengidentifikasi peluang potensial dan banyak lagi. Singkatnya, CRM membantu mengingatkan perusahaan bahwa semua tindakan mereka dilakukan untuk mencapai satu tujua yaitu menumbuhkan bisnis. Pertanyaannya bukanlah apakah Anda memerlukan CRM di lingkungan bisnis yang canggih saat ini, tetapi jenis perangkat lunak CRM yang manakah yang layak untuk Anda. Pada artikel kami kali ini, kami akan memberikan arahan kepada Anda untuk pertimbangkan beberapa faktor ini terlebih dahulu sebelum memilih sistem CRM

1. Memilih sistem CRM Berbasis cloud

CRM berbasis cloud adalah titik awal yang baik untuk pemilik usaha kecil. Sebenarnya, ini dapat dikatakan sebagai pilihan terbaik bagi bisnis skala kecil. Karena 4 hal berikut ini dapat menjadi alasan mengapa Anda perlu menggunakan CRM berbasis cloud:

  • Pertama, tidak ada biaya modal awal untuk infrastruktur seperti server, staf teknologi dan lisensi perangkat keras/lunak maupun perangkat desktop yang mahal
  • Kedua, Anda merasakan berbagai fitur dan alat sehingga Anda dapat membuat penilaian yang lebih baik tentang cara meninjau perbandingan produk di masa mendatang
  • Ketiga, cloud (juga disebut CRM berbasis web atau online) memberi Anda akses langsung ke CRM terbaik hari ini di sebagian kecil dari versi on-premise yang membutuhkan sumber daya yang besar
  • Terakhir, cloud dapat segera digunakan dan semakin cepat Anda dapat menerapkan strategi CRM Anda

2. Ketahui prioritas Anda

Tanyakan kepada diri Anda terlebih dahulu, untuk apa CRM bagi bisnis saya? CRM telah berevolusi untuk memasukkan area bisnis lain di luar layanan pelanggan. Konsolidasi berbagai tugas departemen dapat membingungkan ketika Anda tidak memiliki serangkaian tujuan. Apakah ini untuk meningkatkan dukungan pelanggan? Mungkin, memperkuat kampanye penjualan dan pemasaran dengan wawasan bisnis? Atau kompilasi riwayat kontak, prospek, transaksi, dan konversi untuk referensi di masa mendatang? Mungkin Anda ingin CRM untuk skala operasi Anda dan menutup celah pada supply chain.

3. Simple/sederhana

Pilih solusi yang mudah digunakan. Produk-produk CRM saat ini sering dilengkapi dengan fitur-fitur dan alat-alat canggih, tetapi mereka tidak boleh melupakan poin penting yaitu kemudahan penggunaan. Anda harus dapat bernavigasi melalui fitur dan alat dengan mulus. CRM terbaik adalah yang bersifat intuitif, yaitu, mengantisipasi kebutuhan pengguna dengan pengetahuan CRM dasar dan menyarankan tindakan. Misalnya, jika Anda mentransfer file dari modul tugas ke modul penjualan, software CRM dapat menanyakan apakah Anda ingin membuat salinan untuk cadangan. Demikian juga, software CRM juga memberi Anda opsi untuk menghentikan saran setelah Anda terbiasa.

4. Penyesuaian

Setiap bisnis memiliki kebutuhan unik. Misalnya, perputaran penjualan toko ritel berbeda dari agen. Pastikan perangkat lunak CRM Anda memenuhi berbagai kebutuhan ini. Singkatnya, sisten harus disesuaikan ke tingkat tertentu seperti menambahkan bidang khusus, filter dan tag dalam tahap penjualan sehingga laporan Anda masuk akal untuk operasi Anda.

5. Berfungsi untuk keperluan di masa depan

Perangkat lunak CRM yang baik harus dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda di masa depan. Ini termasuk meningkatkan ukuran fitur dan alat jika, misalnya, Anda membutuhkan lebih banyak pengguna, menambah lebih banyak departemen atau mengikat perusahaan outsourcing ke infrastruktur CRM Anda. Skalabilitas juga berarti fleksibilitas dalam biaya paket, untuk penyesuaian saat bisnis Anda semakin tumbuh atau meluas, Anda juga harus dapat meningkatkan atau menurunkan solusi CRM Anda agar sesuai dengan sumber daya Anda berdasarkan kondisi bisnis saat ini.

6. Mobile friendly

CRM yang Anda gunakan haruslah sudah mendukung akses mudah untuk penggunaan di smartphone atau mobile friendly. CRM seluler memiliki dua manfaat utama yang mendorong pertumbuhannya hari ini. Kondisi ini memberi Anda akses di lokasi dan staf cabang Anda ke infrastruktur CRM kapan saja dan di mana saja dan aplikasi real-time untuk layanan pelanggan atau keputusan penjualan yang lebih cepat.

Tahukah Anda, bahwa sistem CRM Sales1 merupakan sistem CRM yang sudah mendukung semua poin-poin CRM yang kami sebutkan di atas. Anda dapat menggunakan sistem CRM dengan mudah dan dapat berkonsultasi dengan tim kami lebih cepat karena sistem CRM kami merupakan sistem CRM yang dikembangkan di Indonesia. Informasi lebih cepat, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com