Return to site

7 Cara Untuk Mendapatkan Pelanggan

Susahnya untuk mendapatkan pelanggan!

· Tips Sales

Ada banyak cara lama yang masih efektif untuk meningkatkan penjualan. Namun, jika hanya mempertahankan cara lama, tidak menutup kemungkinan Anda akan tertinggal dari kompetitor. Oleh karena itu, Anda harus melihat dua sisi cara penjualan untuk menemukan cara yang paling tepat dan cepat dalam mendapatkan penjualan dengan memperhatikan relevansi dengan prospek Anda.

 

Berikut adalah beberapa cara lama dan baru yang kami kombinasikan untuk membantu Anda mendapatkan pelanggan.

 

1. Menjadi sales yang responsif

Pelanggan membutuhkan salesperson yang dapat membantu mereka setiap saat ketika ia menghadapi masalah. Menjadi sales yang selalu tersedia, mudah dijangkau, membantu prospek, merupakan tindakan yang akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan.

 

2. Terpercaya

Jangan mudah menjanjikan prospek dengan produk/layanan yang tidak pernah bisa Anda penuhi. Selain itu, Anda harus bisa memenuhi janji yang sudah Anda ucapkan kepada prospek ,agar mereka tidak memiliki rasa ragu sedikit pun terhadap Anda.

 

3. Menyelesaikan masalah prospek

Menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh prospek adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan baru. Bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah prospek? Melakukan riset dan menjaga komunikasi untuk mendapatkan informaasi-informasi penting darinya yang nantinya dapat Anda jadikan acuan untuk menjadikan prospek tersebut sebagai pelanggan.

 

4. Menawarkan garansi

Apa pun produk yang Anda jual, tawarkan garansi kepada mereka. Ini merupakan cara lama yang tidak akan pernah lepas dari penjualan produk. Garansi akan membuat pelanggan merasa lebih aman untuk menggunakan produk Anda.

 

5. Menawarkan pembaruan atau pemberian reward tambahan

Siapa sih yang tidak suka tambahan ketika melakukan pembelian? Tidak peduli itu pelanggan B2C maupun B2B, mereka akan selalu mencari nilai tambah dari produk yang ia beli. Anda dapat mempraktikkan cara ini dengan menawarkan pembaruan kepada pelanggan atau dengan memberikan reward/hadiah jika mereka melakukan pembelian saat itu juga.

 

6. Fokus pada pelanggan bukan penjualan

Untuk mendapatkan pelanggan, Anda harus bisa menjadi sosok penting untuk bisnis mereka. Oleh karena itu, fokuskan diri Anda untuk pelanggan dan masalah-masalahnya. Pikirkan semua hal yang terbaik untuk prospek dan mereka akan melakukan pembelian kepada Anda.

 

7. Menjalin hubungan

Menjaga hubungan dengan prospek dan mantan pelanggan dapat mendorong penjualan Anda. Manfaatkan aplikasi seperti CRM, untuk menjaga hubungan dan menyimpan data-data prospek/pelanggan/mantan pelanggan. Kedekatan Anda dengan prospek akan menjadi alasan bagi mereka untuk menggunakan produk Anda pada saat closing.

Ilustrasi (c) Unsplash.com