Return to site

7 Hal Yang Harus DIlakukan Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Sales Profesional

· Sales Training

Sales profesional memainkan peran penting dalam keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Area yang tanggung jawab dan tugas utama mereka cukup luas dibandingkan departemen lain. Termasuk mempromosikan produk dan membuat merek menjadi lebih dikenal di seluruh masyarakat yang lebih luas. Sales representatif juga lag yang akan selalu memberikan keuntungan dan menghasilkan pendapatan untuk perusahaan. Maka dari itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memperhatikan tim sales yang mendukung bisnisnya dari awal. Mari kita bahas beberapa tips untuk menjadi sales profesional yang sukses:

1. Pahami produk Anda dengan baik

Pelanggan akan sulit mempercayai Anda kecuali, atau sampai Anda sendiri yakin dengan produk tersebut. Maka dari itu, ketahui dan pahami manfaat produk atau layanan Anda. Para sales profesional harus memahami Unit Selling Point (USP) produk dengan sangat jelas agar pelanggan dapat mempercayainya.

2. Banggalah dengan profesi Anda

Seseorang tidak boleh memilih sales sebagai profesinya hanya karena sales merupakan sumber yang cepat untuk menghasilkan uang dalam bentuk insentif. Individu harus memiliki hasrat untuk penjualan itu sendiri bukan karena penghasilan pribadinya. Artinya, Anda harus bisa menikmati pekerjaan Anda sepenuhnya untuk hasil terbaik. Jangan pernah memperlakukan pekerjaan Anda sebagai beban.

3. Sales harus sabar

Pelanggan pasti akan membutuhkan waktu untuk percaya pada Anda secara personal dan produk Anda. Hal ini merupakan hal yang lumrah dan Anda harus bisa menerimanya. Kesalahan terbesar dari seorang sales adalah ketika ia suka menggerutu di depan pelanggan atau memperlakukan pelanggan dengan buruk. Sales haruslah bisa menangani semua pelanggan dan prospek dengan kesabaran dan perhatian penuh.

4. Interaksi

Berinteraksilah dengan pelanggan lebih sering dan cobalah mencari tahu kebutuhan dan harapan mereka. Jujurlah dengan orang lain. Sarankan hanya apa yang tepat untuk mereka.

5. Ciptakan target market untuk produk Anda

Pahami daya beli pelanggan yang ingin Anda dapatkan dan tentukan pasar Anda. Jika Anda ingin menyasar pelanggan kelas menengah atau kelas premium, maka produk dan layanan yang Anda berikan haruslah yang sesuai dengan target mereka. Jangan sampai Anda menargetkan pasar premium, namun kualitas produk dan layanan cocok untuk kelas yang menengah ke bawah. Ini merupakan target market yang tidak tepat yang ingin Anda bangun.

6. Jangan menjual terlalu banyak menawarkan produk pada satu pelanggan

Seseorang tidak boleh mengganggu pelanggan. Jangan membuat hidup mereka seperti neraka. Memaksa tidak pernah mengarah pada penutupan kesepakatan, melainkan membuat pelanggan jengkel. Beri mereka waktu untuk berpikir dan memutuskan.

7. Seorang sales representatif tidak boleh menunjukkan keputusasaannya di depan pelanggan

Jangan tunjukkan seberapa besar kebutuhan Anda untuk menjual produk untuk mencapai target Anda. Dia tidak ada hubungannya dengan itu. Jika dia benar-benar membutuhkan produknya, dia pasti akan membelinya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK