Return to site

8 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Penjualan

· Tips Sales

Anda yang baru menjadi seorang entrepreneur maupun yang baru saja mengisi posisi sebagai sales, tentu saja akan berpikir akan sulit untuk mencapai penjualan ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat seperti saat ini. Namun, persaingan ketat bukan berarti Anda tidak dapat tumbuh dan berkembang. Berikut adalah beberapa langkah spesifik yang dapat diambil untuk membangun dan mempertahankan kepribadian penjualan yang lebih baik untuk membantu meningkatkan penjualan Anda.

1. Tanyakan sebelum Anda bertindak

Luangkan lebih banyak waktu untuk menemukan kebutuhan, keinginan, dan pelanggan Anda. Tawarkan mereka sesuatu yang menjadi kebutuhan mereka. Anda juga harus memastikan bahwa mereka adalah pembeli yang akan Anda tuju. Secara sederhana, Apa yang Anda tawarkan semua tentang pelanggan, bukan tentang Anda. Ini akan mengarahkan Anda pada mengapa mereka membeli, tetapi ini yang akan saya beli.

2. Menjadi sumber daya yang berharga bagi pelanggan

Menjadi sumber daya bagi pelanggan adalah konsekuensi alami dari langkah pertama untuk sukses menjual. Jika Anda meluangkan waktu untuk mendengarkan dan mengajukan pertanyaan, Anda akan segera dianggap sebagai nara sumber, konsultan atau pemecah masalah, bukan hanya staf penjualan.

3. Berikan mereka masukan yang sesuai dengan kebutuhannya

Tunjukkan bahwa Anda bersedia membantu pelanggan dengan mengantisipasi apa yang mereka butuhkan dan memiliki jawaban atas kemungkinan masalah yang akan mereka hadapi. Berikan mereka jawaban yang baik dan solid didasarkan pada pemahaman yang baik tentang bagaimana produk atau layanan Anda sesuai dengan pelanggan.

4. Menjauhi janji yang berlebihan

Salah satu alasan bisnis dimulai dengan cepat dan kemudian tersandung adengan cepat dalah karena menjanjikan sesuatu yang tidak bisa diberikannya. Jauh lebih baik menjanjikan apa yang Anda bisa dari apa yang benar-benar dapat Anda berikan dengan demikian Anda akan berhasil memberikan sesuatu yang dapat dianggap melebihi harapan pelanggan yang membuat mereka puas. Sebagai contoh, jika Anda menjanjikan 30 hari, sedangkan Anda lumrahnya dapat mengerjakan 27 hari, maka Anda dapat membuat pelanggan senang karena Anda dapat menyediakan produk 3 hari lebih cepat dari ekspektasi pelanggan.

5. Santai dan apa adanya

Pendekatan penjualan yang kaku seperti robot tidak akan memenangkan banyak prospek. Jika Anda tidak dapat membuat prospek/pelanggan merasa nyaman, maka prospek/pelanggan pun tidak akan berlama-lama melakukan komunikasi dan negosiasi. Mereka akan segera menolak proses lanjutan yang megakibatkan proses ini sebagai proses yang sia-sia.

6. Bersikaplah positif, apa pun yang terjadi

Bersikap positif ketika mendapatkan kritikan pedas, tidak membalas perbuatan negatif orag lain baik prospek maupun kompetitor adalah contoh yang baik untuk memperbaiki bisnis Anda.

7. Ambil beberapa kesempatan

Cobalah pendekatan baru, promosi pemasaran atau saluran periklanan baru. Anda akan membuat kesalahan, tapi belajarlah dari kesalahan tersebut. Ingatlah, setiap risiko yang Anda ambil saat menjalankan bisnis akan selalu memberikan hasil yang maksimal untuk Anda.

8. Jadilah seorang oportunis

Sebagai seorang sales dan entrepreneur, Anda harus selalu optimis dengan bisnis dan penjualan Anda. Karena dari sikap optimis inilah Anda akan berhasil mencapai penjualan yang lebih baik dan dapat menemukan ide-ide untuk mengembangkan bisnis Anda di masa depan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com