Return to site

Cara Membuat Survei Pelanggan yang Efektif

· Tips Sales

Survei pelanggan merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengetahui kebutuhan pelanggan-pelanggan Anda. Ini akan membantu sales dan perusahaan untuk dapat menyediakan produk yang tepat untuk pelanggan. Apabila semua ini dapat dicapai dengan baik, maka tentunya perusahaan dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih baik. Bahkan, dengan melakukan survei pelanggan, perusahaan dapat mencegah tingginya tingkat kekecewaan pelanggan. Semakin rendah tingkat kekecewaan pelanggan, maka ini akan meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal. Lalu, bagaimana cara untuk melakukan survei pelanggan yang tepat dan efektif yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda? Berikut daftarnya untuk Anda!

1. Tentukan Tujuan Anda

Sasaran yang ditetapkan dengan baik dan sangat penting untuk dimiliki sebelum Anda mulai menulis survei karena itu mencerminkan tujuan penelitian. Tanpa dilengkapi dengan tujuan yang jelas, apa artinya survei yang Anda lakukan? Apakah hanya untuk menghabiskan waktu pelanggan untuk mengisi kuisioner atau menjawab pertanyaan pada survei yang Anda lakukan?

2. Pilih Alat Survei Online

Ada berbagai alat survei online yang dapat digunakan untuk dikirim ke audiens yang menjadi target Anda. Saat melakukan survei, lihat ulasan untuk mencari tahu mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda sebaiknya menggunakan alat survei yang terintegrasi dengan sistem CRM Anda. Dengan ini, data yang didapatkan dipastikan tepat pada pelanggan yang memiliki potensi untuk meningkatkan layanan.

3. Buat Pertanyaan yang Jelas

Pastikan pertanyaan Anda lugas dan tidak memengaruhi audiens Anda. Anda juga harus memposisikan pertanyaan yang berada di sisi pelanggan, bukan hanya sebatas pada perusahaan Anda. Contoh, bagaimana pelayanan yang diberikan oleh tim CS? Apa kendala yang dialami oleh pelanggan selama menggunakan produk dan lain sebagainya.

4. Buat Baris Subjek yang Menarik

Pelanggan menerima email dengan bermacam-macam tujuan. Untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan, pastikan baris subjek Anda efektif sehingga mereka benar-benar ingin membukanya.

5. Buat Ajakan Bertindak

CTA Anda harus jelas dan ringkas sehingga pelanggan Anda tidak bingung di mana harus mengisi survei. Anda juga dapat menambahkan tombol untuk melihat daftar produk terbaru yang relevan dengan pelanggan. Ini dapat dilakukan jika Anda menggunakan sistem CRM yang terintegrasi.

6. Meninjau Hasil dan Melakukan Tindakan

Setelah Anda mendapatkan hasil survei, kumpulkan dan tinjau hasil Anda untuk memandu keputusan bisnis Anda. Petakan hasil survei menjadi beberapa poin dari yang prioritas, medium dan rendah. Ini akan membantu Anda mempercepat proses evaluasi untuk meningkatkan bisnis Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com