Return to site

Alasan Menurunkan Harga produk Tidak Akan Sukses

Bukan harga, tapi kualitas yang penting!

· Sales Strategy

Apakah Anda masih bertahan dengan perang harga melawan kompetitor? Bagaimana perasaan Anda jika sudah berperang harga, tetapi masih tidak memiliki pelanggan? Tentu akan menyakitkan jika harga sudah diturunkan, nyatanya pelanggan justru membeli ke kompetitor yang memiliki harga lebih mahal. Anda sudah memutuskan untuk mengurangi pendapatan, di sisi lain pendapatan makin turun karena sepinya minat pelanggan untuk produk Anda tersebut. Kejadian ini sebenarnya sudah sangat memberikan contoh kepada Anda bahwa persaingan harga bukan solusi dalam menjual. Karena patokan harga merupakan hal relatif bagi pelanggan.  Yang terpenting adalah bagimana Anda menjual produk kepada prospek dengan baik dan kualitas layanan/produk yang selalu terjaga dengan baik. Masih belum yakin bahwa menjual dengan bersaing harga hanya menjadi strategi sia-sia? Ini jawabannya untuk Anda!

1. Posisi harga yang dapat berubah sewaktu-waktu

saat ini harga yang Anda tawarkan dapat menjadi harga termurah di pasaran. akan tetapi, bagaimana dengan harga produk atau layanan tersebut setelah satu sampai dua tahun mendatang? Harga yang Anda tentukan bisa saja menjadi yang lebih tinggi daripada harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Dengan demikian posisi produk Anda bukan lagi produk paling murah.

2. Pelanggan/prospek tidak peduli pada harga

Seperti yang kami sebutkan di awal artikel bahwa terkadang pelanggan datang bukan karena harga yang murah melainkan ia menemukan solusi pada produk/layanan. Ketika solusi tersebut didapat, harga yang lebih mahal pun akan tetap dibayarkan pelanggan/prospek. Jadi,strategi harga yang murah dari Anda sekali lagi tidak dapat mengalahkan kualitas layanan, kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

3. Harga murah mengagalkan proporsi nilai  produk

Anda memberikan nilai yang tinggi pada produk namun harga yang murah dari Anda membuat pelanggan/prospek tidak yakin dengan nilai produk tersebut. Itu artinya pelanggan/prospek yang melakukan pembelian merasa bahwa produk tersebut tidak memiliki nilai seperti yang diungkapkan oleh salesperson maupun saat menjalankan kampanye produk/layanan.

4. Memancing pelanggan yang tidak berkualitas

Pemberian harga produk yang tidak sesuai akan berdampak negatif pada bisnis Anda di masa depan. Semakin rendah harga yang Anda berikan, semakin rendah pula kualitas pelanggan dan bisnis Anda. Mereka membeli bukan bukan dasar kebutuhan namun hanya mengejar harga murah yang Anda berikan.

5. Harga Anda merusak pasar

Anda berpikir dengan memberikan harga yang murah atau di bawah rata-rata pasar akan mampu menguasai pasar seorang diri. Sayangnya, pemberian harga murah ini justru akan merusak pasar yang Anda miliki sendiri. Ini terjadi karena banyak kompetitor yang menurunkan harga, maka Anda juga harus ikut tren penurunan harga jika ingin mendapatkan pelanggan.

Itulah beberapa alasan mengapa pemberian harga murah tidak akan pernah menjadi solusi untuk mencapai penualan dari kami. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan strategi yang lebih baik dalam menjual dan tidak perlu lagi berperang melawan perang harga yang terjadi di pasar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com