Return to site

Alasan Pentingnya Pelatihan Tim Sales & Marketing

Mencetak sales profesional dengan pelatihan

· Tips Sales,Tips Marketing

Pelatihan dalam penjualan adalah merupakan inti/dasar dari penjualan. Persiapan merupakan hal yang penting untuk kesuksesan penjualan. Persiapan akan membawa Anda pada kepercayaan diri yang lebih tinggi ketika Anda menjelaskan secara rinci tentang produk, harga dan juga saat Anda mempresentasikannya kepada prospek. Dengan pelatihan dan persiapan yang baik, Anda akan mampu menciptakan sesuatu yang berbeda untuk prospek-prospek Anda.

 

Dengan alasan tersebut, cukup menjelaskan bahwa pelatihan merupakan aspek penting dalam dunia sales. Semakin terlatih seseorang, semakin baik pula dalam bekerja. Berikut adalah beberapa hal yang akan didapat oleh perusahaan ketika memberikan pelatihan kepada tim salesnya.

 

1. Meningkatkan pendapatan

Sales dan Marketing merupakan tim yang bekerja untuk membawa pemasukan kepada perusahaan. Bahkan kedua departemen ini akan menjadi penentu bagaimana perusahaan tumbuh atau akan “gulung tikar”. Sedangkan departemen-departemen lain hanyalah pendukung bisnis Anda. Dalam ruang lingkup bisnis yang sangat kompetitif seperti saat ini, tim Anda harus saling berhadapan dengan kompetitor yang sangat tangguh. Dengan pelatihan, tim Anda dapat menghadapi tantangan tersebut agar dapat membawa pelanggan-pelanggan baru untuk perusahaan.

 

2. Menyempurnakan product knowledge

Tidak mungkin Anda mempekerjakan seorang sales yang tidak memahami produk yang Anda miliki. Anda tidak bisa menggantungkan tim sales Anda dengan tim lain seperti technical atau bahkan bergantung pada CEO. Akan menjadi hal yang sangat memalukan jika Anda mengutus sales yang memiliki pengetahuan tentang produk Anda hanya 50%. Karena sales Anda tersebut bisa saja berhadapan dengan orang yang lebih profesional daripada sales Anda. Untuk itu, sempurnakanlah product knowledge tim sales Anda agar mereka dapat menjelaskan produk dengan baik dan menarik kepercayaan prospek.

 

3. Untuk meningkatkan kemampuan tak terlihat (soft skill) tim Anda

Dalam dunia sales terdapat beberapa seni yang sangat sulit dicapai oleh orang-orang biasa. Seperti seni dalam berbicara, kreativitas atau bahkan kemampuan analisis. Dengan memberikan pelatihan, Anda dapat menumbuhkan kemampuan-kemampuan tim sales Anda mulai dari kemampuan berbicara dengan prospek, bagaimana meyakinkan pelanggan dan lain sebagainya. Sehingga, perusahaan akan mendapatkan pendapatan yang lebih besar dari kemampuan ini.

 

4. Untuk motivasi tim

Dengan pelatihan yang baik, tim sales yang belum mencapai penjualan akan termotivasi untuk meningkatkan penjualan-penjualan baru. Mengapa pelatihan akan memotivasi tim sales? Jawabannya sangat sederhana, dengan mendapatkan ilmu baru, tim Anda pasti ingin segera mempraktikkan ilmu tersebut dan memacu dirinya untuk mencapai penjualan sesegera mungkin.

 

Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda akan melatih tim sales yang Anda miliki atau memilih mencari sales profesional baru? Seberapa yakin sales profesional yang akan Anda rekrut tersebut dapat bekerja tanpa pelatihan?

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK