Return to site

Alasan Sales Gagal Mencapai Penjualan

Kenali penyebab kegagalan Anda dalam menjalankan proses penjualan

· Motivasi,Tips Sales

Sales gagal mencapai penjualan ini dapat menjadi masalah serius yang harus segera diperbaiki. Gagal satu atau dua kali itu memang tidak masalah. Tetapi, apabila Anda dalam satu bulan terakhir kehilangan penjualan dari semua prospek, itu bukan lagi hal yang normal. Mewaspadai hal ini adalah tanggung jawab dari salesperson. Jika yang Anda lakukan tidak segera diperbaiki, jangan heran apabila tidak akan pernah bisa mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan. Ingin tahu alasan mengapa Anda gagal mencapai penjualan?

 

1. Tidak mendengar pelanggan atau prospek dengan baik

Mendengarkan prospek, mendengarkan keluhannya adalah langkah awal agar Anda dapat memberikan solusi yang tepat untuk prospek. Jika Anda tidak mau mendengarkan pelanggan dan prospek, tentu saja prospek akan mengurungkan niatnya untuk membeli. Contoh, jika pelanggan A ingin membeli celana panjang dengan bahan jeans, tetapi celana yang Anda tawarkan pada prospek celana panjang bahan kain, bagaimana mungkin prospek akan memilih produk tersebut?

 

2. Tidak mengenali produk dengan baik

Prospek akan percaya pada produk Anda, jika Anda mampu memperjelas bagaimana produk Anda, kelebihan dan kekurangannya dan lain sebagainya. Jika penjelasan Anda ragu-ragu dan seakan tidak menguasai produk yang ditawarkan, maka prospek pun tidak akan percaya pada apa yang Anda sampaikan.

 

3. Proses penjualan terlalu berbelit

Proses penjualan dari masing-masing penjualan berbeda-beda. Apalagi untuk pembelian pada perusahaan, siklus penjualannya pun akan semakin panjang. Jika proses dari Anda terlalu berbelit ditambah dengan siklus penjualan yang panjang, tentu prospek akan lebih memilih mencari sales yang dapat memberikan produk dengan siklus penjualan yang lebih pendek dibandingkan harus menggunakan produk Anda.

 

4. Minim follow up

Follow up (tindak lanjut) proses adalah bagian penting dalam penjualan. Apabila Anda tidak melakukan follow up dengan cara terstruktur, maka Anda yang seharsunya memiliki kesempatan menjual menjadi hilang dikarenakan Anda lupa melakukan follow up. Terlalu lambat dalam memfollow up akan memudahkan kompetitor untuk mengambil alih peluang yang Anda miliki.

 

5. Minimnya hubungan

Menggunakan aplikasi CRM adalah sebagai alat bantu sales agar dapat menata hubungan dengan pelanggan. Apabila Anda gagal dalam menjaga hubungan dengan pelanggan berlangsung lama, maka penjualan pun tdak akan pernah Ada rasakan. Hubungan dengan pelanggan ini akan mendorong kepercayaan, keyakinan dan hal positif lainnya yang dapat membawa pada penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com