Return to site

Analisa Penjualan Melalui Sistem Laporan

Peran laporan dalam memperbaiki penjualan

· Tips Sales

Laporan penjualan adalah hal yang akan sangat memungkinkan bagi Anda untuk memahami bagaimana kinerja Anda sebagai salesperson saat ini agar dapat benar-benar mempengaruhi kesuksesan perusahaan. Laporan juga dapat memberikan wawasan yang lebih luas mengenai apa pun yang dapat dilakukan oleh perusahaan dan tim agar bisa meningkatkan kinerja ketika mengalami penurunan. Sehingga, perusahaan lebih memahami lambatnya penjualan ini dikarenakan kurangnya tim sales yang bekerja atau pendistribusian tugas yang kurang rapi.

Laporan yang akan menghasilkan proses penjualan yang lebih baik adalah laporan data yang termasuk penggunaan metrik penjualan dan indikatro terukur yang akan memberi tanda kepada Anda bagaimana proses penjualan dari awal hingga pencapaian target. Adapun, sales funnel yang menjadi standar untuk proses analisa ini haruslah mengukur beberapa metrik utama seperti metrik berikut ini:

1. Jumlah penawaran dan tingkat kesepakatan yang terjadi di dalam channel Anda

Data besarnya jumlah prospek, jumlah penjualan yang tercapai merupakan satu sisi penting guna mengetahui letak keberhasilan suatu bisnis. Channel jaringan yang Anda miliki pun harus yang sesuai dengan karakter Anda dan perusahaan. Jangan sampai channel Anda tidak relevan dengan core business yang dapat menjadi ancaman bagi perusahaan. Jadi, awali laporan Anda pada jumlah penawaran dan tingkat kesepakatan yang akan Anda raih atau yang sudah Anda raih sebelumnya agar memiliki tingkat proses yang jelas di masa depan

2. Rata-rata kesepakatan pada channel

Berapa besar jumlah rata-rata pembelian dan pencapaian yang berhasil berakhir dengan penjualan atau closing deal? Ini dapat menjadi metrik bermanfaat untuk Anda dan tim di masa depan. Dengan pengetahuan jumlah rata-rata penjualan dari dalam jaringan, Anda akan lebih mengenali sejauh mana kualitas jaringan yang Anda miiki untuk menjamin penjualan yang lebih baik di masa depan.

3. Closing ratio

Seberapa besar persentase keberhasilan penjualan yang Anda dapatkan? Berapa persen jumlah prospek yang berhasil Anda jarring? Berapa persen prosek yang masuk kategori prospek berkualitas? Semua ini perlu mendapatkan nilai yang jelas agar Anda dapat mengukur tingkat keberhasilan dalam mengelola atau memanajemen Analisa dan laporan.

4. Kecepatan dalam proses penjualan

Setiap penjualan tidak akan bisa mencapai hasil yang sama. Anda perlu mengetahui rata-rata tingkat keberhasilan dalam mencapai penjualan. Waktu yang Anda gunakan selama menjalani proses memiliki peranan penting untuk meningkatkan penjualan dan mengukur efektivitas dari proses penjualan selama ini.

Mengumpulkan data akan memungkinkan Anda menemukan pelanggan ideal lebih cepat. Alat untuk mendukung analisa dan pengumpulan data terstruktur seperti CRM, akan membantu Anda merampingkan proses manajemen penjualan dan manajemen proses penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly