Return to site

Kesuksesan Sales Dimulai Dari Pemecahan Masalah

Bagaimana pola salesperson dalam menawarkan dengan fokus pada masalah

· Sales Strategy

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh para salesperson dalam menjalankan tugasnya adalah bahwa ia tidak harus mengubah dunia maupun mengubah pola pikir pelanggan agar bisa mencapai penjualan. Yang diperlukan oleh salesperson sejatinya hanya membutuhkan identifikasi terhadap masalah prospek/pelanggan dan kemudian memberikan atau menemukan cara dalam menyelesaikan masalah tersebut. Memang, jika kita menawarkan banyak ide kepada prospek, sepertinya akan memikat mereka untuk melakukan pembelian. Akan tetapi, ide yang sangat brilian sekali pun, jika tidak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pelanggan, semua itu hanya akan menjadi inovasi yang tidak berarti. Sedangkan satu solusi yang sederhana, namun dapat memecahkan masalah, ini akan jauh lebih menjual bagi prospek, karena solusi untuk pelanggan/prospek adalah yang paling penting.

Bagi salesperson mana pun yang ingin segera melakukan perubahan dalam proses menjual untuk segera melakukan pertimbangan dalam melakukan pendekatan dengan meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah. Karena, dari dua sinilah salesperson dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan juga untuk mencapai penjualan yang lebih cepat. Ingin mengubah cara Anda dalam menjual? Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan pendekatan kepada prospek agar dapat memecahkan masalah yang mereka hadapi hingga mencapai penjualan.

1. Selalu menjaga pola pikir Anda bahwa proses akan sukses

Pendekatan yang akan Anda lakukan harus diawali dengan motivasi kesuksesan yang datangnya dari dalam diri Anda. Dengan selalu menjaga pola pikir positif ini, usaha untuk mencapai kesuksesan pun akan menjadi kenyataan. Pola pikir sukses ini juga akan membawa Anda pada cara-cara inovatif dalam menyelesaikan masalah pada prospek dengan melihat apa yang mereka ungkapkan kepada Anda. Ketika semakin banyak informasi atas masalah yang dihadapi oleh pelanggan, solusi yang sangat revolusioner dapat menjadi penentu keberhasilan penjualan Anda pun akan didapat.

2. Mengubah perspektif

Menjual bukan untuk uang, itu adalah salah satu bagian yang dapat mengubah sudut pandang Anda dalam menjual produk. Mengapa menjual bukan untuk uang? Jika Anda menjual untuk mendapatkan uang, maka tidak ada solusi jangka panjang untuk prospek dan pelanggan. Bagi perusahaan pun demikian, Anda tidak akan bisa mendapatkan pelanggan yang loyal jika tidak memikirkan solusi untuk pelanggan.

3. Selalu memecahkan masalah

Jika pelanggan mengalami masalah serius dalam bisnisnya dan memiliki relevansi atau hubungan dengan produk yang Anda tawarkan, maka jangan pernah berhenti memberikan solusi tersebut kepada pelanggan-pelanggan Anda. Prospek dapat memilik rencana tetapi masalah akan selalu dihadapi dari waktu ke waktu. Selanjutnya, tergantung Anda memberikan solusi seperti apa untuk prospek dan pelanggan.

Inilah mengapa memecahkan masalah yang dihadapi oleh prospek maupun pelanggan akan memberi pengaruh besar terhadap kesuksesan penjualan produk/layanan Anda. Semakin kompleks masalah yang bisa Anda pecahkan, loyalitas pelanggan dan kepercayaan mereka pun akan semakin meningkat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly