Return to site

Anda Tidak Akan Menjual Jika Melakukan Ini!

Selamatkan proses penjualan dari kegagalan!

· Tips Sales

Menjual bukan hanya tentang ada penjual, produk, uang dan pembeli saja. Jika hanya itu saja yang menjadi dasar pembelian, terlihat sangat sederhana dan bisa melakukan transaksi jual beli dengan sangat cepat. Tetapi, kenyataannya ada hal-hal lain yang menjadi dasar mengapa prospek Anda melakukan pembelian. Sedangkan dari sisi Anda, Anda tidak akan bisa menjual jika Anda tidak mau bertanya kepada pelanggan-pelanggan Anda.

Berikut adalah yang tidak akan membawa Anda pada penjualan jika tidak Anda hindari!

1. Tidak menjadi tempat konsultasi bagi prospek

Sebagai salesperson, seharusnya Anda mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan konsultatif kepada prospek untuk mengetahui apa saja yang menjadi masalah yang mereka hadapi. Jika Anda tidak dapat bertanya untuk mendapatkan penjelasan masalah, bagaimana cara Anda memahami kebutuhan mereka? Yang ada, Anda hanya menjadi sosok penjual biasa yang tidak dapat dipercaya oleh prospek.

2. Anda tidak dapat menjadi seorang penasihat bagi prospek

Keutamaan lain dari bertanya adalah menjadikan Anda sebagai posisi penasihat bagi prospek. Apabila Anda tidak dapat memberikan masukan-masukan penting untuk bisnis prospek, jangankan untuk membeli produk, untuk bertemu dengan Anda pun hanya akan membuang waktu bagi mereka. Jika Anda sudah menjadi salesperson yang konsultatif, tentu akan lebih mudah untuk Anda menjadi penasihat bagi prospek. Ini pun akan membawa Anda menjadi sosok penting yang mendapatkan kepercayaan penuh dari prospek.

3. Terlalu sering menanyakan komitmen

Anda belum menjadi salesperson yang memenuhi poin #1 maupun #2, tetapi Anda sudah dengan percaya diri menanyakan komitmen kepada pelanggan. Jika pelanggan memiliki ketegasan kepada Anda, mereka akan langsung memutus hubungan dengan Anda. Karena sikap yang Anda tunjukkan adalah terlalu mendesak prospek. Selain itu, prospek pun tidak dapat meyakini perusahaan maupun produk jika melihat Anda sebagai salesperson tidak dapat membuktikan bahwa produk Anda adalah solusi untuk mereka.

4. Tidak dapat membantu prospek untuk mengubah bisnisnya lebih baik

Kehadiran produk yang Anda miliki diharapkan untuk mengubah pencapaian bisnisnya saat ini. Jika mereka melihat bekerja sama dengan prusahaan Anda tidak memberikan dampak yang lebih baik untuk bisnis mereka, Anda tidak akan berhasil menjual atau pun menjaga hubungan dengan prospek tersebut.

Manfaatkan dengan baik potensi yang diberikan oleh prospek dengan menghindari 4 poin diatas. Mulailah memperbaiki dengan menjadi perusahaan yang dapat dijadikan tempat berkonsultasi, sebagai penasihat dan pemberi solusi. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah untuk menciptakan penjualan baik untuk prospek baru maupun untuk pelanggan lama.

Ilustrasi (c) Unsplash.com