Return to site

Melawan Kompetitor atau Tumbuh Dengan Membangun Pelanggan Sendiri?

Fokus pada apa yang Anda miliki jangan terjebak kompetisi!

· Tips Sales

Jika kita berbicara tentang pencarian seorang pelanggan, kita akan hanya berhadapan pada dua kondisi dan itu harus bisa kita pilih dalam waktu cepat. Kondisi yang pertama adalah apakah kita akan menjual untuk berhadapan dengan pemain-pemain lama yang sudah memiliki nama besar atau dalam artian kompetitor. Sedangkan kondisi yang kedua adalah apakah kita akan menjauhi kompetitor dengan mencari basis pelanggan baru yang artinya kita menciptakan pelanggan sendiri untuk bisnis yang kita jalankan.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, tentu akan memilih untuk menghadapi pemain-pemain besar. Tetapi, untuk menghadapi pemain besar juga diperlukan biaya yang lebih besar karena sangat tidak mudah untuk mempengaruhi pelanggan-pelanggan kompetitor yang sudah menanamkan nilai terhadap produk-produknya. Bahkan berhadapan dengan kompetitor artinya harus siap dengan pertumbuhan yang lebih lama karena Anda hanya akan disibukkan dengan upaya untuk mengalahkan mereka.

Perlu Anda sadari, bahwa pertumbuhan itu lebih penting dibandingkan dengan fokus pada persaingan untuk memenangkan kompetisi dengan kompetitor yang sudah memiliki nilai pasar yang sangat besar. Jika Anda ingin mengalahkan mereka, maka Anda harus berhasil membangun bisnis Anda sendiri dengan memperhatikan pertumbuhan bisnis Anda sendiri dan pertumbuhan pelanggan-pelanggan Anda.

Bisnis Anda akan tumbuh maksimal jika Anda berhasil menciptakan pelanggan Anda sendiri. Sehingga tidak ada ketergantungan untuk mengalahkan kompetitor. Dengan cara ini pun Anda tidak perlu fokus pada kompetitor yang sudah berada jauh di depan Anda. Meski demikian, Anda masih bisa tumbuh dengan baik dengan pelanggan-pelanggan yang sudah Anda miliki tersebut.

Lagi pula, sejauh mana Anda dapat mempengaruhi pelanggan kompetitor jika mereka belum mengetahui nilai dari produk yang Anda miliki? Sedangkan bagi pelanggan-pelanggan kompetitor, produk yang mereka gunakan saat ini sudah sangat memuaskan dan dapat mendorong bisnisnya. Lalu, apa yang akan Anda tawarkan? Harga yang lebih murah dari kompetitor?

Sunggu ironis, Anda yang ingin memiliki keuntungan maksimal terlalu fokus untuk mengalahkan kompetitor namun tidak mempedulikan kualitas produk yang Anda tawarkan. Bahkan Anda rela untuk menawarkan harga yang lebih murah kepada pelanggan kompetitor agar menggunakan produk Anda. Memang, cara ini memiliki potensi untuk memenangkan persaingan, namun bagaimana jika ternyata pelanggan tersebut tidak menyukai produk Anda? Mereka pasti akan kembali ke produk kompetitor dan Anda kalah dua kali dari kompetitor tersebut.

Lain halnya jika Anda menciptakan pelanggan untuk bisnis yang Anda jalankan, Anda tidak perlu mengurangi harga produk, tidak peduli dengan harga kompetitor, semua berada dalam kekuasaan Anda sendiri. Anda dapat menentukan harga yang paling ideal untuk pasar Anda dan meraih pertumbuhan bisnis yang lebih optimal dibandingkan dengan bersaing untuk mengambil alih pelanggan dari kompetitor.

Biarkan perusahaan Anda tumbuh dengan baik dan maksimal tanpa harus mengusik pelanggan kompetitor. Perbaiki hubungan Anda dengan pelanggan-pelanggan yang Anda miliki saat ini, biarkan pelanggan kompetitor menyadari keberadaan Anda, sehingga mereka akan datang untuk mencoba menggunakan produk yang Anda miliki. Tanpa harus memaksakan kehendak Anda dengan mengiming-imingi potongan harga agar mereka bersedia menggunakan produk yang Anda miliki.

Jadi, mana yang Anda pilih, tumbuh dengan usaha mengalahkan/melawan kompetitor atau tumbuh dengan menciptakan basis pelanggan sendiri?

Ilustrasi (c) Unsplash.com