Return to site

Pengaruh  Lingkungan Kantor Terhadap Penjualan Salesperson

Ciptakan kondisi kantor yang nyaman!

· Leadership

Keberhasilan salesperson dalam penjualan tidak hanya didapatkan karena kemampuannya dalam menawarkan maupun pelayanan mereka terhadap prospek dan pelanggan. Di balik kesuksesan salesperson juga ada faktor pendukung dari lingkungan kerja/kantor di mana ia bekerja. Tempat kerja yang nyaman untuk salesperson akan membuatnya bekerja lebih optimal dan dapat memberikan pengaruh besar terhadap apa saja yang ia lakukan untuk penjualan.

Berikut adalah pengaruh-pengaruh lingkungan kantor terhadap penjualan yang dicapai oleh salesperson yang perlu Anda ketahui.

1. Kolaboratif dan terkoneksi dengan rekan-rekan lainnya

Seluruh karyawan yang ada dalam satu perusahaan merupakan satu tim yang harus bisa bekerja sama dengan baik untuk mencapai kesuksesan. Jika situasi di dalam perusahaan tidak nyaman tentu salesperson pun tidak akan bisa bekerja sama dengan rekan-rekannya. Hasilnya pun penjualan menjadi terhambat.

Contoh, salesperson A memiliki prospek yang cukup potensial, namun karena ia belum memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ia pun dapat meminta bantuan kepada anggota tim sales lainnya atau dengan leader untuk menghadapi prospek tersebut. Dikarenakan tim sales tidak mampu bekerja sama, bahkan leadernya pun bersikap tidak mau membantu, salesperson A tersebut pun tidak dapat mengoptimalkan peluang karena tidak ada dukungan dari rekan-rekan lainnya.

Sebaliknya, jika dalam tubuh tim sales dan leader mampu bekeja sama dan bersedia membantu satu sama lain, masalah yang dialami oleh semua sales pun dapat diatasi dengan cepat. Sehingga setiap peluang dapat dimaksimalkan untuk menjadi penjualan.

2. Meningkatkan produktivitas tim secara keseluruhan

Menurut hasil penelitian yang melibatkan sebanyak 700 orang karyawan menunjukkan bahwa  karyawan yang senang dengan lingkungan kantor tempatnya bekerja dapat meningkatkan produktivitas sebesar 12%. Meskipun penelitian tersebut bersifat umum, hasil tersebut cukup memberikan gambaran bahwa lingkungan kantor yang baik akan mempengaruhi kinerja salesperson dalam bekerja. Untuk Anda para sales leader, mulailah untuk tetap menjaga tim Anda tetap senang berada di kantor, karena setiap usaha yang dilakukan oleh tim Anda mengeluarkan tenaga dan waktu. Anda patut menghargai usaha mereka sekali pun mereka mengalami kegagalan penjualan. Karena penghargaan yang Anda berikan akan menjaga motivasi mereka dalam bekerja sehingga ia akan terus berusaha agar dapat mencapai penjualan.

3. Mengurangi keinginan tim untuk “bolos dan liburan”

Lingkungan kantor yang nyaman, tim yang bekerja sama dengan baik dapat mengurangi keinginan anggota tim Anda untuk bolos bekerja atau pun meminta cuti untuk liburan. Mengapa demikian? Ketika tim Anda menemukan kenyamanan dan keluarga baru di kantor, untuk apa mereka harus bolak-balik izin tidak masuk? Sebaliknya, salesperson akan lebih suka bekerja dan mengupayakan penjualan sebagai bentuk loyalitas mereka terhadap perusahaan yang telah memberikan kesempatan.

Pesan untuk sales leader dan pimpinan perusahaan

Bantulah tim Anda yang mengalami kesulitan dalam menciptakan penjualan. Dukungan dan perhatian yang Anda berikan kepada salesperson akan membawa efek positif terhadap mental mereka dalam bekerja. Jika Anda ingin memiliki tim sales yang produktif, mulailah dengan membuat lingkungan kantor yang nyaman untuk tim sales Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com