Return to site

Apa Itu Edge Computing? Definisi & Infografis!

Mengenal arti Edge Computing

· News

Edge computing merupakan model komputasi yang sebenarnya bukanlah istilah baru dalam dunia komputer. Akan tetapi, istilah ini memang terasa asing bagi kebanyakan pengguna komputer layaknya pada awal-awal munculnya istilah Internet of Things/Internet of Everything (IoT/IoE), cloud computing, cloud storage atau bahkan Artificial Intelligence (AI) maupun Virtual Reality (VR). Sehingga, bagi yang belum pernah mendengar istilah edge computing, konsep ini terasa seperti konsep baru. Lalu apa itu edge computing? Berikut penjelasannya untuk Anda!

Apa Itu Edge Computing?

Edge computing adalah proses komputasi yang difokuskan untuk memproses lalu lintas Internet of Things (IoT) dan penyimpanan data sedekat mungkin dari sumber data ke pusat data sehingga dapat mengurangi latensi dan penggunaan bandwidth yang tidak diperlukan. Secara sederhana, edge computing ini adalah menjalankan proses seminimal mungkin dari cloud dan memindahkannya pada tempat lokal layaknya penggunaan komputer secara personal. Konsep ini dapat membawa komputasi pada jaringan edge untuk mengurangi komunikasi jarak jauh antara client dan server.

Definisi Edge Computing Menurut International Data Corporation (IDC)

Edge computing adalah jaringan mesh pada data center mikro yang memproses maupun melakukan penyimpanan data penting secara lokal dan mendorongnya pada data center atau cloud dengan jarak kurang dari/sekitar 100 kaki persegi. Jika diartikan lebih sederhana, edge computing merupakan proses yang dapat mengurangi rute pengolahan data dari lokal ke sistem cloud.

Contoh Edge Computing

Dari dua definisi tersebut masih bingung? Kami akan memberikan contoh proses pada edge computing yang lebih mudah dipahami pada grafis berikut ini!

Edge Computing Infographic - Sales1CRM

Dari infografis di atas akan kami jelaskan dengan sederhana. Di mana, proses lalu lintas jaringan dari IoT akan berhenti pada jaringan edge computing. Kemudian, data-data pada edge computing akan kembali di dorong pada sistem cloud. Ketika perangkat (IoT) menerima perintah dari smart device, perintah tersebut akan masuk dan dikirimkan melalui edge. Sehingga bandwidth yang dibutuhkan untuk memproses perintah tersebut lebih singkat.

Itulah pengertian dan contoh edge computing yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran dan pengetahuan lebih tentang edge computing. Ada masukan mengenai artikel kami ini? Silakan hubungi kami melalui email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Icon from Flaticon