Return to site

4 Cara Meningkatkan Kemampuan Dalam Melayani Pelanggan

Meningkatkan customer service

· Customer Service

Kemampuan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan bukan hanya harus dimiliki oleh tim customer support/customer service saja. Tetapi, salesperson perlu memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan dan prospek agar lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan. Layanan yang baik ini pun akan meningkatkan kualitas kepuasan dan pengalaman pelanggan yang berimbas pada semakin tingginya loyalitas pelanggan maupun untuk mempercepat pembelian dari prospek.

Sales leader harus bisa membawa tim sales untuk bisa meningkatkan kemampuan dalam memberikan layanan terhadap pelanggan guna mengurangi potensi menurunnya loyalitas dari pelanggan dikarenakan tim sales tidak dapat melayani dengan baik. Jika di tengah kompetisi seperti saat ini sales leader hanya memfokuskan tim sales untuk menjual tetapi tidak memikirkan kemampuan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, itu artinya sales leader telah melupakan bagian penting dalam proses penjualan. Jika Anda ingin membawa tim memiliki tingkat kemampuan dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan ke level yang lebih tinggi, berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda!

1. Memantau masukan/feedback dari pelanggan

Kebanyakan dari pelanggan yang mengalami pengalaman kurang baik dari layanan yang diberikan oleh perusahaan, mereka tidak hanya mengutarakan kekecewaannya kepada perusahaan saja. Tetapi, mereka juga akan menceritakan pengalaman kurang baik tersebut kepada orang-orang terdekatnya yang dapat menyebar dengan cepat. Jika perusahaan tidak memantau semua interaksi layanan pelanggan yang kurang baik baik dari tim sales maupun tim dukungan pelanggan, kebanyakan dari mereka tidak akan memahami hal-hal yang sebenarnya dapat mereka tingkatkan. Perusahaan tidak mengerti bagaimana cara menyelesaikan masalah dan tidak mampu menyaring bagian penting yang dibutuhkan oleh mayoritas pelanggan.

2. Memperbanyak jaringan untuk melayani pelanggan

Layanan telepon, layanan email, layanan sosial media semua menjadi tempat bagi pelanggan untuk mengadu. Perusahaan yang membuka jaringan untuk memberikan kesempatan kepada pelanggan agar menghubungi perusahaan diberbagai saluran tersebut tentu akan lebih mudah untuk memberikan pelayanan. Bagi pelanggan sendiri, mereka dapat memiliki pengalaman yang lebih. Tetapi, jangan hanya membuka jalan bagi pelanggan untuk menghubungi, tindakan untuk menyelesaikan masalah harus dimiliki oleh tim yang bertanggung jawab terhadap layanan pelanggan.

3. Berinvestasi pada Customer Relationship Management (CRM)

Cara lain untuk meningkatkan layanan pelanggan di perusahaan Anda adalah dengan personalisasi interaksi dengan pelanggan. Software CRM seperti Sales1, akan membantu Anda dan tim untuk mempersonalisasikan interaksi dengan pelanggan karena sistem ini dapat menyimpan semua data interaksi pelanggan baik penjualan, masukan atau bahkan komplain dan riwayat-riwayat lainnya. Dengan sistem CRM ini, perusahaan akan lebih mengenal pelanggan dan polanya serta memudahkan perusahaan untuk menawarkan solusi dalam meningkatkan layanan pelanggan atau menjawab setiap komplain yang diterima.

4. Memberikan pelatihan berkelanjutan

Pelatihan yang dibekali dengan berbagai macam tools dan background kemampuan sales leader dalam melayani pelanggan akan jauh lebih berhasil dibandingkan dengan menggunakan jasa influencer atau pelatih di luar perusahaan. Karena, sales leader merupakan pelatih yang memahami profil pelanggan dan profil bisnis, jadi Anda harus memberikan pelatihan agar tim dapat meningkatkan kemampuan dalam melayani pelanggan. Konsistensi dalam memberikan pelatihan adalah bagian yang tidak boleh dikesampingkan.

Itulah tips untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga tips ini dapat membantu menjadikan perusahaan Anda sebagai salah satu perusahaan yang sukses dalam menjaga kualitas layanan terhadap pelanggan. Ingin menggunakan sistem CRM kami dan membutuhkan informasi lebih lanjut? Mari kita berbicara lebih jauh dengan mulai mengirimkan email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK