Return to site

Penyebab Pelatihan Yang Tidak Menghasilkan Penjualan

Awal kegagalan pelatihan yang diberikan oleh sales leader

· Leadership

Banyak perusahaan yang selalu bertanya atau menanyakan pelatihan seperti apa yang dibutuhkan oleh tim sales untuk bisa meningkatkan kemampuan menjualnya. Akan tetapi, mereka tidak pernah memiliki perencanaan yang tepat untuk bisa memulai program yang lebih baik setelah pelatihan yang dilakukan. Keterampilan yang sudah dimiliki oleh tim, pada kenyataannya tidak bisa diterapkan sesuai dengan harapan. Apakah ini yang disebutkan program pelatihan yang terbaik untuk tim yang Anda miliki?

Jika dilihat dari kondisi tersebut, tentu ini tidak dapat disebut dengan pelatihan yang tepat. Karena, keterampilan yang seharusnya dapat disalurkan, pada kenyataannya tidak bisa diterapkan ketika sudah berhadapan langsung dengan pelanggan. Apakah ini adalah pelatihan yang salah? Bisa jadi bukan pelatihannya yang salah, tetapi sistem Anda lah yang membutuhkan perubahan.

Dalam setiap pelatihan yang Anda berikan kepada tim tentunya akan memberikan dampak positif terhadap psikologi dan kemampuan yang lebih baik untuk tim Anda. Tetapi, ketika Anda memberikan sistem yang tidak terorganisir kepada tim saat melayani prospek, ini yang membuat pelatihan tersebut seperti tidak menghasilkan apapun. Artinya, tim sales tidak dapat bekerja selayaknya apa yang Anda harapkan. Tetapi, di sisi lain tim Anda seharusnya sudah bisa memberikan apa yang Anda inginkan.

Untuk bisa melihat kemampuan tim yang Anda miliki, bukan hanya sekedar dengan meminta mereka untuk melayani prospek belaka. Anda perlu memperhatikan bagaimana cara mereka bekerja selama ini. Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah data yang dimiliki oleh tim Anda, data hasil kerja tim serta data proses tim Anda selama melayani prospek. Semua ini merupakan bagian yang harus selalu menjadi pantauan.

Metodologi dengan fokus pelatihan apa yang dibutuhkan oleh tim saja tidak cukup untuk membuat tim Anda bekerja dengan baik. Tetapi, penggunaan sistem yang dapat mengumpulkan data pelanggan serta KPI tim dalam satu tempat akan menuntun Anda untuk melihat sejauh mana perkembangan dan performa tim Anda dalam bekerja. Sistem CRM memberikan kemudahan tersebut yang tentunya akan sangat membantu perusahaan dan tim leader untuk mengarahkan semua anggota tim pada proses yang tepat sesuai dengan kemampuannya.

Ilustrasi (c) Needpix.com