Return to site

Cara Membangun Basis Pelanggan Loyal Untuk Brand Anda

Loyalitas pelanggan yang perlu Anda utamakan

· Customer Service

Tidak masalah dengan seberapa kecil bisnis Anda saat ini, loyalitas pelanggan harus tetap Anda bangun sedini mungkin. Karena, pelanggan loyal ini akan membantu mengembangkan bisnis Anda di masa depan. Pelanggan loyal akan berdampak pada pendapatan dan akuisisi yang lebih murah, karena pelanggan lama cenderung membutuhkan waktu yang lebih cepat untuk melakukan pembelian. Sedangkan untuk akusisi pelanggan baru, waktu yang Anda butuhkan pun akan lebih panjang serta membutuhkan metode pemasaran yang berbeda dari waktu ke waktu. Inilah yang membuat akuisisi pelanggan lama menambah pengeluaran untuk bisnis Anda. Untuk itu, kami akan membantu Anda memikirkan strategi agar pelanggan-pelanggan yang Anda miliki lebih loyal dan senang dengan produk maupun layanan yang Anda miliki. Apa saja yang harus Anda lakukan? Berikut daftarnya untuk Anda!

1. Menawarkan pelayanan yang lebih baik dengan kemudahan komunikasi

Setiap produk dan layanan yang Anda anggap sempurna, tentu akan memiliki satu titik kelemahan. Titik kelemahan ini lah yang harus Anda antisipasi dengan bentuk pelayanan dan dukungan terhadap pelanggan yang lebih baik. Caranya, mudahkanlah pelanggan untuk menghubungi Anda. Kita tahu, komunikasi saat ini sudah dapat dijangkau melalui banyak media, manfaatkan kemudahan tersebut untuk memberikan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan-pelanggan Anda.

2. Mendorong pelanggan untuk memberikan masukan dan umpan balik

Masukan adalah jalan yang baik bagi Anda untuk bisa memberikan produk maupun layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk itu, manfaatkan hal tersebut untuk menjadikan pelanggan sebagai aset penting bagi perusahaan Anda. Mengumpulkan setiap ulasan dan masukan dari pelanggan akan membantu perusahaan menemukan strategi yang baik agar bisa meningkatkan loyalitas pelanggan-pelanggan yang dimiliki.

3. Mengadopsi teknologi untuk kepentingan kepuasan pelanggan

Anda mengharapkan pelanggan loyal? Maka Anda juga harus rela berkorban untuk mereka. Berkorban disini adalah Anda pelru mengeluarkan biaya tambahan untuk mengadopsi teknologi-teknologi baru seperti cloud, CRM, marketing automation dan lain sebagainya yang akan membantu Anda untuk mengembangkan hubungan serta memusatkan data dengan lebih baik.

4. Fokus pada kekuatan merek Anda

Strategi yang paling efektif adalah ketika Anda berhasil menjaga kekuatan merek Anda terhadap pelanggan. Artinya, Anda perlu fokus untuk membangun kekuatan merek yang Anda miliki daripada harus fokus terhadap persaingan yang bisa saja Anda sendiri belum memiliki kekuatan tersebut. Semakin fokus terhadap merek yang Anda miliki, tentunya akan semakin baik pula untuk masa depan dan loyalitas pelanggan-pelanggan Anda.

Itulah tips untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang dapat kami berikan kepada Anda. Sempurnakan proses Anda dengan menggunakan platform Customer Relationship Management (CRM). Dengan platform ini, Anda akan lebih mudah untuk mengelola hubungan dengan pelanggan serta memusatkan data-data masukan maupun umpan balik dari pelanggan. Hubungi kami sekarang juga jika Anda ingin segera menggunakan teknologi CRM untuk mendukung bisnis dan loyalitas pelanggan Anda!

Ilustrasi (c) Unsplash.com