Return to site

5 Hal Yang Akan Membawa Sales Reps Pada Penjualan

Langkah untuk mencapai penjualan

· Sales Strategy

Apakah Anda sudah menemukan tanda-tanda prospek yang berkualitas untuk Anda masukkan pada daftar prospek untuk penjualan? Jika sudah, bagaimana cara Anda untuk memastikan bahwa proses yang Anda pilih untuk prospek ini berada pada jalur yang tepat untuk menghasilkan closing yang berhasil mencapai kesepakatan penjualan? Jika Anda masih bingung untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut adalah 5 hal yang dapat membawa membawa Anda pada closing yang lebih baik.

1. Tetap memberi kontrol terhadap produk dan solusi

Anda pernah menawar produk saat belanja ke teman atau saat belanja di pasar tradisional? Ketika proses ini berlangsung, penjual sering kali mengikuti permainan Anda untuk menurunkan harga. Dari produk yang awalny aseharga 100.000 bisa Anda dapatkan seharga 85.000 – 90.000 setelah proses tawar menawar tersebut. Hal seperti ini merupakan gaya yang tidak bisa Anda bahwa dalam proses pendekatan secara B2B. Anda harus tetap menjadi orang yang memiliki kontrol penuh terhadap produk dan layanan serta solusi yang Anda berikan. Biarkan pelanggan menawar produk Anda, tetapi Anda harus tetap memberikan kendali atas harga dan produk yang Anda tawarkan.

2. Jangan dibuat ribet

Proses untuk mencapai penjualan sudah panjang, jangan Anda buat ribet proses dengan hal-hal yang dapat Anda sederhanakan. Dorong proses untuk mencapai penjualan dengan cara yang lebih singkat melalui sistem yang tertata dengan rapi. Contoh, untuk memberikan penawaran (quotation), Anda tidak perlu lagi menunggu pertemuan selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat soft-copy yang dihasilkan dari sistem CRM. Hal-hal seperti ini perlu Anda kurangi agar proses penjualan berjalan lebih efisien dan menghemat waktu prospek.

3. Bekerja dengan tim marketing

Anda ingin menghasilkan penjualan yang lebih banyak, maka Anda perlu bekerja sama dengan tim marketing untuk menghasilkan kampanye yang dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan dengan tepat. Ini bukan tentang hasil akhir yang akan Anda dapatkan saja, tetapi dengan kualitas prospek yang lebih tertarget, maka proses dari awal hingga closing pun akan berjalan dengan cepat.

4. Menentukan metode pendekatan

Sebelum berbicara tentang penjualan, proses pendekatan yang Anda lakukan sangat penting. Untuk bisa melewati proses ini dengan cepat, maka Anda harus mengutamakan hubungan, fokus pada solusi dan masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Penyesuaian proses dengan karakter prospek dapat menghasilkan penjualan yang jauh lebih efektif untuk Anda.

5. Temukan kekuatan dari produk Anda

Apa yang ada pada produk yang Anda miliki? Bagaimana cara pelanggan memanfaatkan produk tersebut sebaik mungkin? Ini sangat penting untuk memahami bagaimana Anda menjual dan bagaimana prospek beraksi dalam proses. Ketika Anda berhasil menunjukkan nilai lebih yang dapat menguatkan posisi produk bagi prospek, maka Anda pun akan lebih mudah untuk mencapai penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK