Return to site

Software CRM Untuk Restoran Di Indonesia

Implementasi CRM untuk bisnis rumah makan/restoran

· CRM,CRM Di Indonesia

Bagi para pemilik restoran, selain masalah menu, pelanggan adalah yang terpenting untuk meningkatkan penjualan. Tapi, apakah Anda sebagai pemilik restoran pernah berpikir untuk mengenal pelanggan-pelanggan Anda lebih dekat? Apakah Anda pernah memperhatikan berapa uang yang telah pelanggan habiskan untuk makan di tempat Anda? Apakah Anda pernah mencari tahu seberapa besar tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan-pelanggan Anda?

 

Memahami pelanggan adalah kewajiban dari perusahaan untuk meningkatkan penjualan mereka. Pemilik restoran juga harus mengetahui bagaimana cara menjangkau mereka. Perusahaan juga harus bisa mengenal pelanggan yang telah melakukan pembelian berulang-ulang di restoran miliknya. Dengan kedekatan seperti ini, tentu akan lebih mudah bagi pelanggan untuk mengingat restoran yang memberikan kepuasan kepada pelanggannya.

 

Kita tahu hidup di Indonesia dalam lingkungan yang kritis, sedikit kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan dapat menjadi masalah besar yang harus bisa diatasi oleh perusahaan dengan susah payah. Tetapi, jika pemilik restoran/perusahaan mampu mengontrol semua yang berhubungan dengan pelanggan dengan baik, setiap masalah yang dihadapi akan dapat diselesaikan dengan lebih mudah.

 

Singkatnya, ketika perusahaan lebih mengenal pelanggan, perusahaan dapat dengan mudah mempersonalisasikan pengalaman pelanggan-pelanggannya. Tetapi, untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus memiliki sistem yang dapat memudahkan karyawan-karyawannya untuk melayani pelanggan dengan baik berdasarkan data.

 

Sistem yang dapat diimplementasikan adalah Software Customer Relationship Management (CRM). Mengapa harus CRM? Karena CRM membuat tugas karyawan lebih mudah untuk melibatkan pelanggan untuk memberikan produk yang tepat serta dengan pelayanan yang tepat pula.

 

Contoh, ketika pelanggan A melakukan pemesanan makanan, waiters dapat mencatat pesanan pelanggan pada CRM serta dapat menanyakan makanan-makanan yang tidak bisa mereka makan karena alergi atau penyakit lain. Ketika data tersimpan pada CRM, setelah 6 bulan pelanggan A ini kembali, waiters dapat menawarkan menu-menu yang bisa dikonsumsi pelanggannya tersebut dengan aman. Waiters juga dapat menanyakan perkembangan kesehatan pelanggan yang dapat diperbarui pada data.

 

Sepintas seperti tindakan yang aneh, ada pelanggan yang ingin melakukan pesanan tetapi malah menanyakan kesehatan. Tetapi, jika pelanggan memberikan informasi dan Anda menyimpan informasi pelanggan tersebut, maka Anda telah berhasil melibatkan pelanggan dan juga turut menjaga kesehatan pelanggan agar tidak mengkonsumsi menu yang salah yang dapat memberikan dampak negatif untuk pelanggan tersebut.

 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat-manfaat lain dengan implementasi CRM untuk restoran Anda, diantaranya adalah:

 

1. Meningkatkan pendapatan dengan mengidentifikasi pelanggan yang paling menguntungkan untuk perusahaan dan mengarahkan mereka pada layanan premium dari restoran.

2. Meningkatkan pembelian pelanggan dengan menerapkan strategi penjualan cross-selling dan up-selling

3. Mengambil informasi penting dari tamu untuk mempersonalisasikan pengalaman agar pembeliannya di restoran Anda lebih berkesan.

4. Meningkatkan layanan dari berbagai jalur dengan cara yang konsisten berdasarkan data yang disimpan pada CRM dengan lebih akurat.

5. Mengambil keputusan yang lebih disempurnakan dengan pemahaman dan reaksi yang lebih baik terhadap perilaku tamu berdasarkan analytics dan pengukuran di semua titik krusial yang berhubungan dengan penjualan, pengalaman dan pembelian.

 

Itulah mengapa restoran juga harus mulai mengimplementasikan software CRM untuk menjalankan bisnis lebih baik berdasarkan kepuasan pelanggan. Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait CRM untuk restoran Anda? Silakan hubungi kami melalui telepon 021-350-5114 atau dengan mengunjungi halaman contact us.

Ilustrasi (c) Unsplas.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK