Return to site

4 Hal Sederhana Untuk Menjadi Leader Hebat

Rahasia dibalik kesuksesan seorang sales leader 

· Leadership

Menjadi seorang leader hebat harus bisa melakukan hal-hal yang hebat pula. Jika Anda ingin menjadi menjadi leader yang hebat, Anda ddapat melakukan hal-hal mudah ini tetapi, tidak semua leader sanggup untuk mengerjakannya.

1. Memberi arahan yang jelas

Semua orang bisa menyuruh, tapi tidak semua mampu memberi arahan dengan baik. Jika Anda sedang memiliki waktu luang yang cukup untuk memberikan arahan kepada tim Anda, lakukanlah. Karena kesalahan tim yang sering terjadi adalah karena mereka mengalami kebingungan dengan tugas yang Anda berikan akibat minimnya penjelasan. Terkadang tim sales tidak mampu menjual karena mereka frustasi dengan cara Anda memimpin, sehingga mereka tidak memiliki semangat untuk bekerja.

2. Sebagai pendukung/pemberi semangat tim

Tim Anda tidak semua bisa mengerjakan tugasnya sendiri, mereka butuh dukungan dan motivator untuk bisa bekerja lebih baik. Terutama jika Anda memiliki tim fresh graduate atau tim yang memiliki pengalaman sales dengan produk yang sangat berbeda. Menjadi leader adalah tentang melayani tim yang Anda miliki bukan Anda harus dilayani oleh tim Anda. Ini bukan tentang pekerjaan tim Anda, tetapi bagaimana Anda membangun lingkungan yang baik untuk mendorong kinerja tim Anda.

3. Memberikan ruang untuk tim dan jadilah pendengar

Beri tim Anda ruang untuk menceritakan apa yang mereka hadapi di lapangan, mengapa mereka gagal dalam menjual. Jangan hanya menilai dari kegagalan mereka tetapi Anda tidak pernah mau mendengar kesulitan yang dialami oleh tim Anda. Berikanlah ruang untuk tim Anda bercerita, jangan memberikan batasan kepada tim Anda untuk berbagi. Anda boleh memaksa tim Anda untuk bekerja, tetapi Anda tidak bisa memaksa strategi yang salah kepada tim Anda. Itulah fungsi mengapa Anda juga perlu mendengarkan tim.

4. Memberikan pujian

Feedback positif dapat membangun tim untuk bekerja lebih baik dari waktu ke waktu. Feedback leader akan menjadi motivator atau pembunuh semangat untuk tim. Jangan ragu untuk memberikan feedback positif kepada tim Anda ketika mengalami masalah, ketika menyelesaikan masalah atau ketika mereka sedang merencanakan strategi. Semakin banyak feedback positif yang didapat oleh tim, maka mereka akan terus bersemangat dalam bekerja.

Satu hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pujian, jangan atas namakan pujian hanya kepada satu orang saja, karena Anda membawa tim. Jika Anda hanya menunjuk satu orang, maka akan terjadi kesenjangan dalam tim Anda yang berujung pada rusaknya kerja sama yang sudah Anda susun.

Ilustrasi (c) Unsplash.com