Return to site

Bagaimana Cloud Mengubah Bisnis Kecil Menjadi Lebih Menguntungkan

Cloud untuk bisnis dan keuntungan menggunakan cloud

· Keuntungan Cloud,Cloud
cloud server untuk bisnis

Dunia bisnis terus menunjukkan percepatan pergerakan seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini cukup penting untuk merespon tuntutan pasar atau meminimalisir ketertinggalan dari kompetitor. Saat ini banyak usaha kecil yang memperkuat investasinya di bidang IT. Hal ini sangat diperlukan untuk tetap tumbuh. Pelaku bisnis kecil pun tidak luput untuk melakukan hal serupa tujuannya adalah untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan bisnis yang mereka jalani.

Beruntungnya, inovasi IT saaat ini ibarat sebuah game yang dapat diakses dengan mudah. Sebagai contoh ialah cloud. Dulu, kita akan kesulitan mencari seorang profesional untuk mengisi tim IT kita. Berbeda dengan yang terjadi saat ini, kita dapat memanfaatkan layanan cloud tanpa kita harus bingung memikirkan bagaimana mereka bekerja. Justru Kita sebagai pengguna dapat dengan mudah meminta mereka melakukan sesuatu. Baik, sekarang kita coba memikirkan bagaimana kalau kemudahan cloud ini kita implementasikan dalam bisnis?

Sebelumnya mungkin Anda dapat membaca artikel dari kami yang judulnya "Why Move To The Cloud" disana ada beberapa alasan mengapa Anda harus mengimplementasikan cloud untuk bisnis. Tidak jauh beda dengan artikel kami sebelumnya, hanya saja pada kesempatan ini kami akan sedikit menjelaskan dari sekian banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan cloud secara lebih ringkas. Berikut adalah beberapa poin yang dapat kami jabarkan untuk pembahasan kali ini.

1. Revenue yang lebih cepat
Ada banyak cara untuk meningkatkan revenue perusahaan seperti menjaga pelanggan atau klien yang ada, mencari klien baru dan mendorong produk yang sudah ada untuk membangun peluang baru. Seiring dengan perkembangan bisnis, bertambahnya data dan pelanggan tidak akan lagi mumpuni untuk menyimpan sesuatu dalam skala kecil. Implementasi cloud dapat dilakukan untuk mempercepat proses transisi tersebut. Semakin cepat proses transisi akan memberikan efek pada semakin cepatnya revenue.

2. Memperluas jaringan untuk dijadikan mitra
Pemain besar dalam B2B memberikan layanan kepada mitranya untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggannya. Teknnologi membuka jalan bagi Anda untuk melakukan hal serupa. Sebagai contoh Anda adalah seorang distributor, untuk mengumpulkan data supplier dari vendor kecil dapat dilakukan dengan cloud untuk kemudahan mereka. Sebagai contoh, anda dapat memanfaatkan spreadsheet online yang disimpan pada sebuah cloud storage yang dapat diakses secara realtime oleh mitra-mitra Anda. Dengan kemudahan tersebut bukan tidak mungkin jika mitra Anda sebelumnya merekomendasikan Anda sebagai distributor untuk bisnis mereka.

3. ROI yang lebih baik
Untuk bersaing dengan pemain besar, pelaku bisnis kecil harus membuat investasi sektor IT sebagai prioritas. Akan tetapi, untuk membangun semua itu diperlukan modal yang sangat besar. Dengan munculnya teknologi berbasis cloud ini sangat memungkinkan usaha kecil untuk memiliki kemampuan IT yang lebih terjangkau tanpa harus membuat departemen IT sendiri. Penambahan infrastruktur fisik sudah pasti akan membutuhkan biaya yang sangat besar. Begitu juga ROI yang dihasilkan pun akan membutuhkan waktu yang lebih lama karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Belum lagi untuk Penurunan atau penambahan yang sesuai dengan kebutuhan yang pasti membutuhkan waktu lebih lama jika menggunakan infrastruktur fisik akan sangat berpengaruh pada ROI. Dengan cloud Anda hanya perlu klik atau telepon untuk melakukan perubahan tersebut.

Sejenak, silakan Anda perhatikan infografik tentang cloud yang kami temukan berikut ini. Mungkin akan lebih membantu untuk Anda mengenal lebih jauh dengan cloud dan keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan cloud.

Infografik apa itu cloud dan keuntungan menggunakan cloud computing

Banyak macam cloud yang saat ini dapat Anda implementasikan untuk bisnis. Apakah Anda adalah salah satu yang mengimplementasikan cloud untuk bisnis? Cloud apa yang digunakan untuk bisnis Anda saat ini?

Infografik (c) Wikipedia.org

Ilustrasi (c) Kewl via Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK