Return to site

Bagaimana Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan Ketika Bekerja Dari Rumah?

· Tips Sales,Customer Service,Work From Home

Bekerja dari rumah dapat menjadi ancaman terhadap keberhasilan perusahaan dalam menjalankan proses penjualan yang sedang berlangsung. Namun, sebagai leader Anda tentu harus selalu menjaga tim untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan meskipun dalam kondisi harus bekerja dari rumah. Kita tahu, pemerintah Indonesia saat ini meminta perusahaan untuk memberlakukan work from home/kerja dari rumah atau yang juga dikenal dengan bekerja remote guna menghentikan penyebaran virus corona SARS-CoV-2.

 

Dalam kondisi seperti ini, tim Anda tentu harus tetap bekerja untuk menghasilkan penjualan meskipun tidak dapat bertemu secara langsung dengan pelanggan maupun prospek. Tidak ada alasan bagi tim untuk tidak bekerja ditengah kondisi seperti saat ini. Namun, di era teknologi seperti saat ini semua tim sudah dapat bekerja tanpa batas. Berikut adalah beberapa cara untuk membawa tim Anda tetap produktif meskipun harus bekerja dari rumah (WFH).

 

1. Mendengarkan tim

Dalam kondisi yang dapat menghasilkan kepanikan seperti saat ini, maka Anda harus berpikir jernih tentang tim Anda. Selain harus memikirkan penjualan, mereka juga harus memikirkan diri dan keluarganya dari sebuah kondisi yang tidak dapat diduga. Namun, dengan bantuan teknologi Anda dapat melakukan meeting virtual menggunakan layanan yang tersedia secara online untuk menampung semua pemikiran dari tim. Dengan kerja sama yang baik dan saling mendengarkan satu sama lain, maka produktivitas masih bisa dimaksimalkan meskipun dalam kondisi sulit atau pun harus merelakan penurunan penjualan karena pandemi yang terjadi.

 

2. Meminta tim untuk memaksimalkan waktu pelanggan

Sama halnya dengan kepanikan yang dialami oleh tim Anda, pelanggan juga akan merasakan hal yang sama. Maka dari itu, sebagai leader Anda perlu memaksimalkan waktu untuk tim dan meminta tim Anda juga memaksimalkan waktu untuk pelanggan. Setiap waktu dapat menjadi hal yang berubah dari waktu ke waktu. Anda juga harus siap ketika pelanggan ternyata membutuhkan produk Anda dalam kondisi darurat.

 

3. Belajar bersama-sama

Semua hal baru tentu membutuhkan waktu untuk belajar. Sama halnya dengan kondisi di mana Anda harus meminta tim untuk bekerja dari rumah dan menjaga hubungan dengan pelanggan seperti biasa. Hal ini mungkin akan menjadi hal yang baru. Anda harus siap untuk belajar bersama tim Anda dalam menjaga proses ini tetap berjalan sebagaimana mestinya dan semaksimal mungkin. Sistem CRM dapat membantu Anda mengelola proses untuk menjaga tim bekerja dengan maksimal dalam satu sistem yang dapat dilihat oleh semua orang yang ada di perusahaan Anda. Dari sini Anda juga akan lebih mudah dalam bekerja dan belajar.

 

4. Mendengarkan pelanggan

Ditengah kepanikan seperti ini, mendengarkan pelanggan adalah waktu yang sangat tepat. Bisnis harus berjalan dan pelanggan membutuhkan solusi untuk mendorong bisnisnya tetap bertahan di tengah kekhawatiran ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com