Return to site

Customer Service & Relationship Penyelamat Bisnis Anda

· Customer Service

Tidak dapat dipungkiri bahwa customer service & customer relationship adalah layanan yang Anda berikan kepada pelanggan adalah satu-satunya penyelamat dalam bisnis Anda. Mengapa hal ini dapat menjadi penyelamat dalam bisnis? Kami akan memberikan sedikit penjabaran kepada Anda mengenai dampak dari kedua layanan tersebut.

Customer Service

Customer service baik itu merupakan layanan langsung kepada pelanggan maupun yang tidak langsung merupakan sebuah bukti kepedulian Anda kepada pelanggan. Tak terkecuali pada prospek, Anda juga harus memberikan bentuk layanan pelanggan yang maksimal kepada mereka. Meskipun prospek belum memberikan kepastian akan melakukan pembelian atau tidak, dari layanan yang maksimal dari Anda ini akan menumbuhkan sebuah kepercayaan yang pada akhirnya akan menciptakan penjualan. Sedangkan dari sisi pelanggan, layanan pelanggan yang baik akan membuat pelanggan merasa nyaman dalam melakukan transaksi dengan Anda. Bagaimana tidak, ketika Anda memberikan layanan yang baik, setiap masalah yang mereka komplainkan kepada perusahaan terkait produk dapat segera diatasi. Hal ini membuat pelanggan akan semakin percaya dan meningkatkan pembelian yang mereka lakukan karena merasa sudah menemukan rekan yang tepat untuk membantu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi.

Customer relationship

Hubungan pelanggan merupakan kunci keberhasilan Anda untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang Anda miliki saat ini. Dengan menjaga hubungan pelanggan yang baik, Anda tidak perlu khawatir saat terjadi masalah penjualan untuk menciptakan penjualan dari pelanggan baru. Mengapa ini dapat menjadi penyelamat bisnis, ketika Anda memiliki banyak sekali pelanggan yang loyal, sedangkan kondisi penjualan baru dari pelanggan baru menurun, pelanggan loyal ini akan tetap melakukan pembelian melalui retensi penjualan yang Anda hasilkan. Sangat berbeda dengan proses untuk mencapai penjualan baru dari seorang prospek, penjualan dari hasil retensi hanya membutuhkan waktu paling lama 2 hari, sedangkan jika proses dilakukan dari awal saat pelanggan masih berstatus prospek, maka Anda harus melewati berbagai macam tantangan yang bisa jadi dalam proses tersebut tidak memberikan hasil apa-apa.

Dari sini sudah sangat membuktikan bahwa customer service dan customer relationship adalah solusi yang dapat menjaga penjualan Anda ketika berada pada masa sulit untuk menghasilkan penjualan dan menjadi penyelamat bisnis Anda. Dengan menggunakan sistem CRM, Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan layanan pelanggan serta hubungan pelanggan dengan lebih baik dengan metode penyimpanan data yang terpusat. Informasi lebih lanjut mengenai CRM, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com