Return to site

Siapkah Data Penjualan Anda Menghadapi Era Machine Learning?

· Tips Sales

Era Machine Learning (ML) segera menjadi bagian penting dalam pekerjaan sales. Kemampuan pengolahan data dengan menggunakan teknologi ini tidak perlu diragukan lagi. Selain ketepatan dan kecepatan, efektivitas dalam pengolahan data menjadi sangat penting dengan menggunakan machine learning. Memang, bisa dikatakan bagi sebagian besar bisnis di Indonesia penggunaan machine learning masih belum bisa digunakan sepenuhnya. Karena masih banyak sekali perusahaan yang enggan menggunakan teknologi penjualan untuk mendukung pekerjaan tim sales yang notabene dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan dan meningkatkan penjualan.

Sebelum memasuki atau mengimplementasikan machine learning untuk bisnis Anda, tentunya Anda sudah harus familiar terlebih dahulu dengan bagaimana cara membersihkan data penjualan, data prospek dan data-data lainnya yang memberikan pengaruh terhadap penjualan maupun proses pencarian prospek/lead. Selain itu, pemusatan data atau penyimpanan data pada satu tempat juga menjadi bagian yang dapat diandalkan ketika sudah menggunakan machine learning.

Bagaimana cara memusatkan data dan membersihkan data sebelum menggunakan machine learning?

Pemusatan data adalah metode penyimpanan data pelanggan dan lead/prospek pada satu tempat. Hal ini dapat Anda mulai dengan menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM) dan Sales Force Automation (SFA). Dari kedua alat ini Anda sudah dapat memusatkan semua data pelanggan baik yang masih dalam proses pendekatan hingga yang sudah menjadi pelanggan bertahun-tahun. Dengan alat ini pula Anda dapat menyimpan rekam pembelian dan proses dengan baik tanpa harus memindahkan data berulang-ulang. Namun, akan kami rekomendasikan untuk menggunakan sistem CRM maupun SFA yang berbasis cloud untuk kemudahan dalam penyimpanan maupun melakukan Disaster Recovery. Selanjutnya, untuk membersihkan data, tentu kita akan bepikir tentang penghapusan data. Namun, dalam hal ini bukanlah penghapusan data secara keseluruhan melainkan memilih berdasarkan kelompok dari pelanggan tersebut seperti lead yang berkualitas dan yang tidak, pelanggan loyal dan yang tidak, pelanggan yang puas dan yang tidak, dan lain sebagainya. Membersihkan dan mengurangi data yang tidak diperlukan inilah yang disebut dengan membersihkan data.

Ketika Anda sudah memiliki data yang terpusat dan juga data yang sudah bersih atau berkualitas, maka disitulah posisi Anda sudah lebih siap untuk memperbarui sistem Anda dengan mengintegrasikan data pada sistem machine learning. Artinya, saat ini Anda sudah lebih siap untuk memperbaiki pengolahan data penjualan dengan memanfaatkan teknologi yang dulunya dianggap sebagai metode yang menambah beban investasi menjadi hal yang sangat penting untuk dijalankan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK