Return to site

Bagaimana Pelanggan Membantu Pertumbuhan Bisnis Anda?

Sadarkah Anda pada kekuatan pelanggan yang Anda miliki?

· Tips Sales

Pelanggan bukan hanya aset yang dapat menambah pendapatan bagi perusahaan Anda. Tetapi, mereka juga dapat menjadi orang yang berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis. Sayangnya, banyak perusahaan yang tidak memaksimalkan potensi tersebut dan hanya fokus pada penjualan dan usaha untuk mendapatkan pelanggan baru. Word of Mouth, merupakan salah satu potensi yang didapatkan oleh perusahaan untuk mendapatkan penjualan baru dari pelanggan-pelanggan yang dimiliki saat ini.

Bagi perusahaan yang ingin meningkatkan pertumbuhan dengan bantuan pelanggan, strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan program referral. Karena program referral ini memiliki nilai ROI yang cukup signifikan untuk perusahaan.

  • Pertama, referral membutuhkan biaya yang lebih kecil dibandingkan dengan biaya marketing konvensional.

  • Kedua, proses penjualan jauh lebih singkat karena prospek yang didapatkan berdasarkan pengalaman orang yang dikenal.

  • Ketiga, pelanggan yang didapatkan dari referral jauh lebih loyal dibandingkan dengan pelanggan baru yang didapatkan oleh tim sales.

Lalu, bagaimana cara agar pelanggan-pelanggan Anda dapat membawa referral yang tepat untuk perusahaan? Berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

1. Melakukan review sebelum memulai program

Buka daftar pelanggan-pelanggan Anda, baik data pelanggan tradisional atau dengan CRM kemudian mulailah mengulas semua pelanggan dan memilih pelanggan-pelanggan paling loyal dan sudah bekerjasama dengan Anda dalam waktu yang cukup panjang untuk ditawarkan program referral kepada mereka.

2. Menentukan profil yang ideal

Untuk mendapatkan pelanggan hasil referral yang ideal, maka Anda juga harus menentukan profil-profil prospek yang ideal untuk Anda.

3. Mulai secara perlahan dan konsisten

Anda jangan mengharapkan program referral ini bekerja dengan cepat. Karena, butuh waktu yang lebih panjang bagi pelanggan yang Anda miliki untuk bisa menemukan rekan yang memiliki kebutuhan yang sama. Oleh karena itu, Anda harus konsisten dengan program yang Anda miliki tersebut dan membiarkannya tumbuh secara perlahan.

4. Komunikatif

Jaga komunikasi Anda dengan pelanggan-pelanggan yang sudah dipilih untuk menjalankan program referral. Berikan informasi-informasi terbaru terkait produk atau layanan yang Anda miliki kepada pelanggan agar mereka dapat menyampaikan informasi tersebut kepada rekan-rekannya.

Ketika Anda berhasil menjalankan tips-tips ini dengan baik, langkah selanjutnya adalah menunggu hingga pelanggan-pelanggan Anda berhasil membawa prospek untuk Anda. Semakin banyak pelanggan yang Anda pilih untuk mengikuti program ini, semakin banyak pula prospek berkualitas yang akan Anda dapatkan nantinya. Bagaimana, tertarik untuk menjadikan pelanggan sebagai orang yang membantu bisnis Anda terus berkembang dengan membawa pelanggan baru untuk Anda?

Ilustrasi (c) Unsplash.com