Return to site

Kesalahan Umum Leader Dalam Berkomunikasi Dengan Tim

Hindari perbuatan ini demi kesuksesan bersama dalam tim Anda!

· Tips Sales

Keseimbangan berkomunikasi bagi seorang leader adalah sebuah keharusan. Karena, selain untuk menjaga wibawa untuk dirinya secara personal, komunikasi yang positif tentu akan memberikan efek positif pula untuk karirnya. Sebaliknya, ketika leader melakukan kesalahan dalam berkomunikasi, kejadian tersebut akan menyebabkan masalah yang cukup besar dan dapat merusak reputasi Anda sebagai leader. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang dilakukan oleh leader ketika berkomunikasi dengan tim yang ia miliki dan harus Anda hindari.

1. Pendekatan impersonal

Keberhasilan dalam berkomunikasi ditentukan dengan kesesuaian topik dan audiens. Setiap nada dan isi dari topik tersebut harus Anda kaji dan pertimbangkan untuk menemukan cara terbaik dalam menyampaikan pesan. Ketika Anda memiliki keperluan untuk satu orang dari tim, maka Anda tidak boleh menyampaikan maksud Anda tersebut di depan semua anggota tim. Tidak peduli itu positif atau negatif, Anda harus tetap mengutamakan privasi dan sikap profesional Anda dengan berbicara langsung dengan orang yang Anda maksudkan dan tidak sedang membahas masalah tim.

2. Tidak mendengarkan tim

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang bersifat terbuka. Artinya, bukan hanya Anda yang berbicara di depan, tetapi juga memberikan waktu kepada tim berbicara di depan Anda. Ketika Anda hanya berbicara sendiri dan tidak memberikan kesempatan kepada tim untuk memberikan ide, maka Anda juga kehilangan kesempatan untuk mendapatkan ide inovatif dari tim Anda.

3. Malas

Leader terkadang menganggap bahwa posisi yang ia miliki saat ini hanya untuk memerintah tim. Sehingga, ketika ada masalah yang dihadapi oleh tim, ia hanya bermalas-malasan dan menganggap bahwa semua kesalahan yang terjadi adalah akibat dari tim dan tidak ada alasan bagi leader untuk ikut menyelesaikannya. Salah satu contoh ketika leader mengirimkan email secara bersamaan kepada tim padahal memiliki pembahasan yang berbeda-beda. Ini menjadi salah satu bukti bahwa leader malas untuk mengirimkan email ke masing-masing anggota tim.

4. Terlalu banyak bicara

Menjaga komunikasi memang perlu, tetapi bukan berarti Anda boleh terlalu banyak berbicara dengan tim. Ketika Anda merasa belum ada topik yang harus dibicarakan dengan tim, maka Anda bisa menunggu dan diam. Anda boleh bertanya seperlunya, jika sudah mendapatkan jawaban dari tim, itu artinya Anda sudah selesai dengan tujuan Anda dan biarkan tim Anda bekerja kembali.

Itulah kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan oleh leader yang dapat kami berikan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memperbaiki kualitas komunikasi Anda untuk tim dan dapat membawa Anda menjadi leader teladan untuk tim.

Ilustrasi (c) Unsplash.com