Return to site

Belajar Dari Kegagalan Untuk Mencapai Kesuksesan

Hindari kegagalan dan mulailah untuk berbenah

· Tips Sales,Tips Marketing

Ketika semua orang sibuk untuk mencapai kesuksesan, mereka melupakan kegagalan yang dapat mereka maksimalkan untuk mencapai kesuksesan. Kegagalan yang mereka hadapi hanya bisa mereka ratapi tanpa berbuat hal lain yang dapat mendorong dirinya untuk mendapatkan peluang yang lebih baik. Menguasai kegagalan merupakan hal penting untuk semua orang terutama untuk Anda yang saat ini menggeluti pekerjaan sebagai sales dan marketing, leader atau tim biasa.

 

Lalu, bagaimana cara mengubah kegagalan menjadi sebuah kesuksesan untuk Anda?

 

1. Mengenali kegagalan dengan cara yang benar

Kegagalan memang hal buruk untuk semua orang, sales takut gagal, manager takut gagal, CEO juga takut gagal. Tetapi, kegagalan akan lebih menakutkan apabila orang yang gagal tersebut tidak mau berinovasi. Kenali gegalan Anda, benahi dengan inovasi untuk mendapatkan hasil lebih baik.

 

2. Miliki kegagalan Anda

Sadar diri bahwa kegagalan yang dialami merupakan kegagalan yang harus Anda miliki. Jangan melimpahkan kegagalan pada orang dan menuduh bahwa orang lain yang menjadi penyebab kegagalan tersebut. Milikilah kegagalan Anda, dan jadikanlah kejadian tersebut sebagai pengingat bahwa Anda harus berbenah.

 

3. Fokus pada hasil akhir

Gagal bukan berarti berakhir, tapi hasil akhir adalah yang Anda capai. Jika saat ini Anda gagal, fokuskan diri Anda untuk mencapai hasil akhir yang lebih baik. Membenahi strategi untuk mendapatkan hasil akhir di masa depan yang lebih baik.

 

4. Mencari tahu kegagalan dari tim

Jika Anda gagal, cobalah untuk bertanya kepada tim yang ada dalam perusahaan Anda. Jika memang Anda saja yang gagal, itu artinya kegagalan berada pada diri Anda sendiri. Jika tim Anda mengalami kegagalan yang sama, itu artinya ada strategi dalam perusahaan yang perlu dibenahi.

 

5. Memanfaatkan data untuk mencari akar kegagalan

Setiap maslah pasti ada penyebab, coba cari akar masalah yang membawa Anda pada kegagalan. Manfaatkan data yang Anda miliki untuk melihat dimana titik awal kegagalan yang Anda alami. Dengan memanfaatkan data dan memaksimalkan data tersebut Anda dapat mengidentifikasi kesalahan untuk mengubahnya pada kesuksesan.

 

6. Terus mencoba

Tidak ada orang yang terus mengalami kegagalan jika ia bersedia mencoba. Seorang ilmuwan tidak akan menemukan teori-teori baru untuk penemuannya jika ia berhenti mencoba. Begitu juga pada sales, tidak ada sales yang sukses jika ia tidak mencoba untuk menjual meskipun terus mengalami kegagalan.

Ilustrasi (c) Pixabay.com