Return to site

Kesalahan Dalam Menggunakan Marketing Automation

Penyebab kegagalan dalam penerapan marketing automation

· Tips Marketing

Tidak ada kata mudah dalam memasarkan produk, semua membutuhkan proses. Meskipun perusahaan telah mengadopsi sistem marketing modern dengan memanfaatkan marketing automation, ia masih bisa mengalami kegagalan. Alasan mengapa mereka gagal mengoptimalkan pemasaran dari marketing automation bukan hanya pada sistem yang ia pilih, akan tetapi karena tim marketing melakukan kesalahan berikut ini:

1. Tidak ada catatan strategi yang pernah digunakan

Sebelum berbicara tentang kesuksesan strategi marketing, yang harus dilakukan adalah dengan memaksimalkan data yang Anda miliki. Marketing automation hanyalah alat bantu agar Anda dapat melakukan pemasaran lebih mudah, semua keberhasilan bergantung pada data yang Anda miliki. Oleh karena itu sangat penting bagi perusahaan untuk menggunakan data strategi yang pernah digunakan untuk memaksimalkan marketing automation.

2. Tidak ada segmentasi atau target

Merketing automation memudahkan Anda untuk menentukan segmen audiens, jika Anda tidak memiliki strategi segmentasi, tentu marketing Anda juga akan sia-sia. Sebelum menjalankan strategi, mulailah untuk memilih audiens sesuai segmentasi dan target yang diinginkan oleh perusahaan.

3. Melakukannya sendiri

Tim Anda sudah mendapatkan fasilitas marketing automaton dari perusahaan, akan tetapi tim tidak bersedia memanfaatkan sistem tersebut dan lebih memilih untuk menggunakan caranya sendiri. Ketika hal ini terjadi, alat marketing automation yang dimiliki perusahaan pun tidak lagi berguna. Optimalisasi srategi marketing pun tidak dapat dilakukan dengan baik.

4. Tidak ada proses antara marketing dan sales

Marketing automation memang dikhususkan untuk tim marketing Anda. Tetapi, marketing merupakan sebuah proses untuk menarik lead agar bisa menjadi seorang pelanggan yang akan berhadapan dengan tim sales. Jika Anda tidak memiliki proses yang jelas, marketing automation yang Anda gunakan tidak akan mampu meningkatkan leads. Pada kenyataannya Alat ini juga untuk memperpendek proses untuk menuju penjualan.

5. Menjual bukan mengasuh

Anda memiliki banyak lead, tetapi dari semua lead yang Anda miliki tersebut tidak ada lead yang berkualitas atau hanya sebagian kecil dari lead yang Anda dapatkan masuk pada kategori lead berkualitas. Ubah sikap Anda dari mengasuh lead untuk mulai melakukan penjualan. Jangan hanya banyak lead tetapi tidak ada yang bisa Anda konversi pada penjualan.

Itulah alasan mengapa marketing automation yang Anda miliki mengalami kegagalan. Ubah cara Anda dalam memanfaatkan marketing automation, maksimalkan penjualan Anda dengan menambahkan CRM agar penjualan Anda membaik.

Ilustrasi (c) Pixabay.com