Return to site

3 Cara Marketing Yang Mengundang Profit

Menerapkan marketing yang tepat untuk ROI yang lebih cepat

· Tips Marketing

Manfaat marketing untuk perusahaan adalah untuk meningkatkan lead, menambah pelanggan serta meningkatkan profit untuk perusahaan. Akan tetapi, marketing sering kali mengalami kegagalan, budget melampaui batas yang justru merugikan perusahaan. Jika perusahaan lambat dalam menangani masalah ini atau bahkan membiarkan karena merasa marketingnya akan sukses, perusahaan akan terus mengalami kerugian karena membengkaknya budget yang dikeluarkan untuk marketing.

 

Pada artikel kali ini, kami ingin memberikan sedikit masukan kepada Anda yang sering mengalami kegagalan dalam marketing untuk mengambil profit yang lebih baik. Caranya adalah dengan mulai menerapkan beberapa hal berikut ini:

 

1. Jangan memasarkan produk dimana produk lain sudah menjadi pilihan utama target Audiens Anda.

Anda bisa saja mengambil tantangan untuk masuk sebagai pendatang baru di tempat yang sudah dikuasai oleh kompetitor. Tetapi, cara ini membutuhkan waktu yang lebih panjang dari target untuk mendapatkan ROI marketing Anda. Jangan mencoba masuk bila dana Anda masih terbatas karena Anda dapat memanfaatkan dana marketing tersebut di tempat laindimana produk kompetitor masih belum menjadi pilihan utama audiens.

 

2. Menggabungkan taktik dan strategi untuk marketing yang lebih baik

Banyak orang yang salah dalam mengartikan kata taktik dan strategi. Mereka menganggap kedua istilah ini memiliki arti yang sama. Tetapi, pada kenyataannya kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Taktik adalah langkah-langkah tertentu yang akan diambil untuk mencapai tujuan. Sedangkan strategi adalah langkah yang lebih luas untuk menjalankan taktik demi mencapai tujuan.

 

Strategi merupakan upaya untuk mencapai kesuksesan jangka panjang untuk perusahaan sedangkan taktik adalah langkah yang diambil untuk jangka pendek. Taktik lebih mudah diubah sedangkan strategi adalah cara yang bersifat lebih mengarah pada cara permanen yang harus berhasil dilakukan oleh seorang marketer.

 

3. Manfaatkan pelanggan Anda untuk pemasaran jangan hanya fokus pada produk

Sering kali kita menemukan iklan-iklan yang membawa pelanggan untuk memberikan testimonial kepada target audiens. Cara ini adalah sebagian dari cara-cara lain yang bisa Anda ambil dengan memanfaatkan pelanggan Anda. Contoh, jika ada event, Anda dapat mengizinkan pelanggan Anda membawa 1 orang rekan baik dalam perusahaan yang sama atau perusahaan berbeda untuk mengikuti event Anda secara gratis. Anda juga dapat memanfaatkan pelanggan untuk memberikan referral untuk mendapatkan pelanggan baru.

 

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk marketing yang sukses agar mendapatkan profit dari marketing yang Anda lakukan. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar apabila Anda memiliki tips lain untuk sukses marketing.

Ilustrasi (c) Pixabay.com