Return to site

Berkomunikasi Yang Efektif Dengan Pelanggan

Komunikasi yang efektif untuk sukses penjualan

· Tips Sales

Berkomunikasi dengan pelanggan itu mudah dilakukan, hanya saja komunikasi tersebut bukan berarti komunikasi yang efektif. Banyak sales yang berbicara panjang lebar dengan prospek, pada akhirnya mereka hanya menghabiskan waktu saja. Begitu pula saat sales mencoba untuk melakukan cross-selling dengan pelanggan, mereka hanya dapat berkomunikasi tetapi tidak dapat menciptakan penjualan.

 

Lain halnya jika salesperson mampu berkomunikasi dengan cara yang efektif. Semua komunikasi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik serta dapat menghasilkan penjualan. Jika Anda masih belum mengerti apa saja yang harus dilakukan, berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada Anda.

 

1. Mengembangkan dan membangun kepercayaan

Apapun topik yang Anda bicarakan dengan pelanggan, Anda harus bisa mengontrol kondisi dengan baik. Sehingga Anda mampu menarik kepercayaan dari pelanggan melalui semua bahasa tubuh Anda. Mengembangkan kepercayaan melalui komunikasi itu sangat penting, Anda harus memahami dasar-dasar komunikasi itu sendiri sebelum Anda masuk pada komunikasi efektif dengan pelanggan.

 

2. Mencoba meminta feedback di akhir percakapan

Bisnis tidak akan bisa berkembang jika tidak pernah mencari tahu hal-hal apa saja yang kurang. Bahkan, komunikasi Anda dengan pelanggan pun menjadi tidak berarti jika Anda tidak meminta feedback dari mereka. Feedback adalah sumber informasi penting yang harus didapatkan oleh perusahaan untuk menjaga kepuasan pelanggan. Jika Anda menghubungi pelanggan hanya untuk menawarkan produk dan tidak pernah meminta feedback dari mereka, itu artinya Anda hanya memikirkan diri sendiri sendiri. Anda tidak peduli pada masalah pelanggan dan membuktikan bahwa komunikasi Anda dengan pelanggan selama ini termasuk komunikasi yang tidak efektif.

 

3. Lebih percaya diri

Banyak salesperson yang tidak mampu berbicara dengan baik saat bertemu dengan orang yang baru ia temui. Jangankan untuk orang yang baru ditemui, dengan pelanggan lama pun masih ada banyak salesperson yang tidak sanggup melakukannya dengan baik. Alasan utama mereka seperti itu adalah karena mereka kurang percaya diri menghadapi orang yang ia temui.

 

Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan komunikasi dan dapat berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan, maka Anda harus belajar menguatkan mental dan lebih percaya diri dalam menghadapi semua orang yang ditemui.

 

Itulah tips-tips untuk menciptakan komunikasi efektif dengan pelanggan yang dapat kami berikan kepada Anda. Jika ada hal-hal lain yang ingin ditambahkan, Anda dapat meninggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com